Pages

Jumat, 05 November 2010

Komunikasi Masa

Fungsi komunikasi masa
• Mendorong
Kohesi Sosial
- Kohesi=penyatuan (mendorong masyarakat untuk bersatu)
- Cover both sides
- Membuka peluang disintegrasi

• Pewarisan Sosial
- Media = pendidik
- Meneruskan atau mewariskan suatu ilmu pengetahuan, nilai, norma, pranata, etika dari satu generasi ke generasi selanjutnya
• Transmisi Budaya
- Paling luas, tapi sedikit dibicarakan
Dua tingkatan:
- Kontemporer (media memperkuat konsensus nilai masyarakat, dengan selalu memperkenalkan bibit perubahan secara terus-menerus) à Televisi
- Historis (umat manusia telah dapat melewati atau menambahkan pengalaman baru dari sekarang untuk membimbingnya ke masa depan)
2. Menurut saya Media Massa yang secara potensial potensial tepat untuk mendukung bidang pendidikan adalah dari radio, televisi, surat kabar, majalah, film, rekaman atau internet adalah Radio, televisi dan Internet.
- Dalam hal ini dari ketiga media massa tersebut jangkauannya sangata luas, dan tentunya akan memberikan pedidikan yang merata untuk anak-anak diseluruh Indonesia. Lagi pula dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini anak-anak indonesia lebih tertarik untuk, mendengarkan radio, televisi atau mengotak-atik internet. Isi Informasinya pun lebih luas tidak hanya local saja adalah basisnya juga internasional . dan juga pengoperasian dan sosialasinya kepada masyarakat lebih mudah lewat sistem sateleit menjangkau seluruh pelosok indonesia.
- Media masa sendiri mempunyai tujuan ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, memperluas wawasannya, dan memperkaya informasi yang diperlukan oleh masyarakat yang makin terbuka. Sejalan dengan itu, telah pula meningkat interaksi positif dan kerja sama yang saling menunjang antara pers, Pemerintah, dan masyarakat Indonesia dengan begitu yang lebih tepat untuk untuk mendukung bidang pendidikan adalah Radio, televisi, dan internet.
- Sedangkan untuk yang lainnya mungkin memilikinya banyak kedala saat ini adalah anak-anak didik zaman sekarang lebih tertarik dengan media elektronik, dan juga proses sosialisasi dalam mencapai tujuan mencerdaskan anak bangsa akan lebih lambat mencapai sasarannya.

0 komentar:

Poskan Komentar