Pages

Senin, 26 Oktober 2009

Makalah Andragogi

hmmm Kita besok mo presentasi rekkkk, muga sukses...
amiennn
ANDRAGOGI




TUGAS KELOMPOK



Oleh :
Kelompok 1






UNIVERSITAS NEGERI MALANG
TEKNOLOGI PENDIDIKAN
OKTOBER 2009



BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Kesadaran bahwa belajar adalah proses menjadi dirinya sendiri (process of becoming person) bukan proses untuk dibentuk (process of beings haped) menurut kehendak orang lain, membawa kesadaran yang lain bahwa kegiatan belajar harus melibatkan individu atau client dalam proses pemikiran: apa yang mereka inginkan, apa yang dilakukan, menentukan dan merencanakan serta melakukan tindakan apa saja yang perlu untuk memenuhi keinginan tersebut. Inti dari pendidikan adalah menolong orang belajar bagaimana memikirkan diri mereka sendiri, mengatur urusan kehidupan mereka sendiri untuk berkembang dan matang, dengan mempertimbangkan bahwa mereka juga sebagai makhluk sosial.
Di tahun 70 an dikenal sebuah proyek yang disebut dengan PPSP (Proyek Perintis Sekolah Pembangunan). Pada waktu itu, siswa dibebaskan menentukan seberapa cepat dia bisa menyelesaikan masa studinya. Siswa diberi Lembaran Kegiatan Siswa (LKS) yang berisikan tentang teori-teori materi yang dipelajari, dan kalau siswa beranggapan sudah menguasai, maka diberi lembar latihan dari LKS tadi dan kalau sudah merasa siap, maka siswa bisa mengambil sendiri Lembar Test Formatif. Fungsi Guru pada waktu itu adalah menjelaskan apabila bertanya dan menilai hasil test formatif tersebut. Di PPSP ini, murid kelas 1 SMP (waktu itu disebut kelas 6), itu bisa saja menempuh pelajaran kelas 2 SMP (kelas 7) maupun menempuh kelas 8 (3 SMP), sehingga pada waktu itu, cukup banyak yang mampu menempuh level SMP hanya dalam waktu 2 tahun. PPSP mencanangkan program SD hanya 5 tahun, SMP bisa ditempuh 2 tahun dan SMA juga bisa ditempuh 2 tahun juga, tergantung kepada kemampuan dari siswa.

Kegiatan belajar yang melibatkan individu atau client dalam proses menentukan apa yang mereka inginkan, apa yang akan dilakukan, adalah beberapa prinsip dari teori belajar Andragogi. Teori belajar Andragogi sering juga disebut dengan teori belajar orang dewasa. Makalah ini akan membahas tentang Teori Belajar Andragogi tersebut dan membahas kelemahan serta keunggulannya.

1.2. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian andragogi?
2. Apakah fungsi andragogi?
3. Apa bentuk Perkembangan Teori Andragogi dalam masyarakat?

1.3. Tujuan
1. Mengetahui pengertian andragogi
2. Mengatahui fungsi andragogi
3. Mengetahui Perkembangan Teori Andragogi dalam masyarakat








BAB II
BAHASAN

2.1. Andragogi
Andragogi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yakni Andra berarti orang dewasa dan agogos berarti memimpin. Perdefinisi andragogi kemudian dirumuskan sebagau "Suatu seni dan ilmu untuk membantu orang dewasa belajar". Kata andragogi pertama kali digunakan oleh Alexander Kapp pada tahun 1883 untuk menjelaskan dan merumuskan konsep-konsep dasar teori pendidikan Plato. Meskipun demikian, Kapp tetap membedakan antara pengertian "Social-pedagogy" yang menyiratkan arti pendidikan orang dewasa, dengan andragogi. Dalam rumusan Kapp, "Social-pedagogy" lebih merupakan proses pendidikan pemulihan (remedial) bagi orang dewasa yang cacat. Adapun andragogi, justru lebih merupakan proses pendidikan bagi seluruh orang dewasa, cacat atau tidak cacat secara berkelanjutan. Apa itu pendidikan orang dewasa dan bagaimana dia berbeda dalam teori dan praktek dari persiapan pendidikan anak-anak dan pemuda. Pendidikan orang dewasa didefinisikan, digambarkan serta dipertimbangkan dalam hubungannya dengan profesi pelayanan manusia yang lain.
A. Pendidikan dan Sekolah
Sejauh ini pendidikan berperan dalam meyiapkan beberapa fungsi stereotip tertentu, situasi stabil, untuk keeksistensian, untuk perdagangan atau pekerjaan tertentu. Secara garis besar penddidikan dipandang sebagai usaha secara langsung, sistematis, dan mendukung untuk mentransfer, membangkitkan, atau mendapatkan pengetahuan, maka tingkah laku, nilai-nilai, keterampilan, dan hasil yang lainnya dari usaha tersebut,* karenanya jelaslah bahwa pendidikan orang dewasa dan anak-anak seperti yang terdapat sekarang ini dan di masa serta tempat manapun serta melalui banyak aktivitas.

Pembelajaran Sepanjang Hayat
Penasehat pendidikan sepanjang masa berpendapat bahwa pendidikan adalah sebuah proses yang berlangsung dari satu bentuk ke bentuk yang lain sepanjang hayat, dan itulah tujuan dan bentuk yang harus diadaptasi sesuai dengan kebutuhan tiap individu pada tahapan yang berbeda dalam perkembangan mereka. Pendidikan dipandang sebagai bagian tak terpisahkan dalam kehidupan dan semua lembaga masyarakat dengan potensi pendidikan dianggap sebagai sumber pembelajaran.
1. konsep dari pembelajaran sepanjang masa berkontradiksi dengan konsep kebijakan konvensional yang kaku dan membingungkan
2. Implikasi besar selanjutnya adalah bahwa masyarakat harus membuat pencegahan yang cukup untuk mencukupi kebutuhan pendidikan bagi orang dewasa yang telah meninggalkan sekolah formal
3. adalah sistem pendidikan formal harus ditata ulang sehingga bisa cukup fleksibel untuk mengakomodasi pilihan-pilihan individu dan menyiapkan pemuda untuk melanjutkan pendidikannya sebagai pelajar yang termotivasi secara mandiri dan kompeten
B. Konteks Sosial Pendidikan Sepanjang Masa
Teknologi yang berbasis sain dan teknologi pasca-industri yang dimiliki oleh ekonomi modern telah mengarah kepada produktivitas yang meningkat tajam, pendapatan yang bisa dibuang, waktu luang, dan pencapaian pendidikan.
Telah diperkirakan bahwa dalam beberapa bidang, seperti teknik dan obat-obatan, “separuh kehidupan” dari pendidikan diperoleh di sekolah professional kurang lebih 5 tahun.5 Karenanya, dalam beberapa tahun, separuh dari apa yang dipelajari dokter atau teknisi di ruang kelas menjadi rintangan. Pengetahuan bukan saja terus berkembang besar, tetapi struktur pengetahuan, teknologi, dan pekerjaan menjadi lebih kompleks dan rumit.
Tekanan ekonomi dan sosial pada masyarakat paascaindustri juga telah mempengaruhi komposisi sosio-demografis dari negara-negara yang paling terindustrialisasi, dengan berbagai cara yang hampir pasti akan mendorong ekspansi yang terus menerus pada kesempatan belajar sepanjang masa.
Perubahan status wanita dalam masyarakat industri yang maju juga memiliki dampak yang penting bagi masa depan pendidikan orang dewasa.
Perubahan struktural jangka panjang dalam pasar tenaga kerja mendasari perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia kerja. Penurunan jenis pekerjaan di sektor agraris, bagi pekerja tidak terlatih dan bagi pekerja kasar pada umumnya berpengaruh sangat besar, dengan permintaan lebih pada pekerjaan kantoran serta sektor pelayanan dan profesional/teknis.
Kesimpulannya, tekanan ekonomi, sosio-kultural, dan demografis, dan bukan sekedar harapan dari pendidik yang tercerahkan sedang membantu perwujudan pendidikan sepanjang masa ini.
C. Sifat Pendidikan Orang Dewasa
Segala jenis pendidikan tentunya melibatkan proses belajar. konsep pendidikan yang dijelaskan sebelumnya yakni usaha secara langsung, sistematis, dan kokoh untuk mengirimkan, memunculkan, atau mendapatkan pengetahuan. Pembelajaran dapat terjadi secara tidak langsung atau insidental, tidak terorganisir, dan dalam waktu yang sangat singkat. Pendidikan orang dewasa itu sendiri terjadi di pembelajaran mandiri, di mana pelajar bertanggungjawab sepenuhnya terhadap desain dan pelaksanaan kegiatan belajar mereka, dan pendidikan terarah lainnnya, dimana guru, pemimpin, tim produksi media, atau agen pendidikan yang lain bertanggungjawab sepenuhnya terhadap manajemen pembelajaran.
Sifat belajar bagi orang dewasa adalah bersifat subjektif dan unik, maka terlepas dari benar atau salahnya, segala pendapat, perasaan, pikiran, gagasan, teori, sistem nilainya perlu dihargai. Tidak menghargai (meremehkan dan menyampingkan) harga diri mereka, hanya akan mematikan gairah belajar orang dewasa. Namun demikian, pembelajaran orang dewasa perlu pula mendapatkan kepercayaan dari pembimbingnya, dan pada akhirnya mereka harus mempunyai kepercayaan pada dirinya sendiri. Tanpa kepercayaan diri tersebut, maka suasana belajar yang kondusif tak akan pernah terwujud.
Sebagaimana dikatakan Grattan, seseorang harus menyadari perbedaan antara pendidikan dari orang dewasa dan pendidikan orang dewasa karena yang pertama lebih mencakup banyak hal.
Orang dewasa memiliki sistem nilai yang berbeda, mempunyai pendapat dan pendirian yang berbeda. Dengan terciptanya suasana yang baik, mereka akan dapat mengemukakan isi hati dan isi pikirannya tanpa rasa takut dan cemas, walaupun mereka saling berbeda pendapat. Orang dewasa mestinya memiliki perasaan bahwa dalam suasana/ situasi belajar yang bagaimanapun, mereka boleh berbeda pendapat dan boleh berbuat salah tanpa dirinya terancam oleh sesuatu sanksi (dipermalukan, pemecatan, cemoohan, dll).
Keterbukaan seorang pembimbing sangat membantu bagi kemajuan orang dewasa dalam mengembangkan potensi pribadinya di dalam kelas, atau di tempat pelatihan. Sifat keterbukaan untuk mengungkapkan diri, dan terbuka untuk mendengarkan gagasan, akan berdampak baik bagi kesehatan psikologis, dan psikis mereka. Di samping itu, harus dihindari segala bentuk akibat yang membuat orang dewasa mendapat ejekan, hinaan, atau dipermalukan. Jalan terbaik hanyalah diciptakannya suasana keterbukaan dalam segala hal, sehingga berbagai alternatif kebebasan mengemukakan ide/gagasan dapat diciptakan.\
Dalam hal lainnya, tidak dapat dinafikkan bahwa orang dewasa belajar secara khas dan unik. Faktor tingkat kecerdasan, kepercayaan diri, dan perasaan yang terkendali harus diakui sebagai hak pribadi yang khas sehingga keputusan yang diambil tidak harus selalu sama dengan pribadi orang lain. Kebersamaan dalam kelompok tidak selalu harus sama dalam pribadi, sebab akan sangat membosankan kalau saja suasana yang seakan hanya mengakui satu kebenaran tanpa adanya kritik yang memperlihatkan perbedaan tersebut. Oleh sebab itu, latar belakang pendidikan, latar belakang kebudayaan, dan pengalaman masa lampau masing-masing individu dapat memberi warna yang berbeda pada setiap keputusan yang diambil.
Bagi orang dewasa, terciptanya suasana belajar yang kondusif merupakan suatu fasilitas yang mendorong mereka mau mencoba perilaku baru, berani tampil beda, dapat berlaku dengan sikap baru dan mau mencoba pengetahuan baru yang mereka peroleh. Walaupun sesuatu yang baru mengandung resiko terjadinya kesalahan, namun kesalahan, dan kekeliruan itu sendiri merupakan bagian yang wajar dari belajar.
Pada akhirnya, orang dewasa ingin tahu apa arti dirinya dalam kelompok belajar itu. Bagi orang dewasa ada kecenderungan ingin mengetahui kekuatan dan kelemahan dirinya. Dengan demikian, diperlukan adanya evaluasi bersama oleh seluruh anggota kelompok dirasakannya berharga untuk bahan renungan, di mana renungan itu dapat mengevaluasi dirinya dari orang lain yang persepsinya bisa saja memiliki perbedaan.
D. Menyikap Definisi
* Pendidikan orang dewasa tidak berkaitan dengan hal mempersiapkan orang dalam menjalani kehidupannya tetapi lebih membantu orang dewasa agar mereka sukses dalam menjalani kehidupannya, meningkatkan kompetensi mereka atau transisi negosiasi dalam peran sosial mereka (pekerja, orang tua, pensiunan, dan lain-lain), membantu mereka mendapatkan pemuasan yang lebih baik dalam kehidupan pribadi mereka dan membantu mereka dalam memecahkan masalah pribadi dan masyarakat mereka.
Kesimpulan devinisi
“Pendidikan orang dewasa adalah sebuah proses yang peranan sosial utamanya adalah membentuk karakteristik status orang dewasa yang menjalankan aktivitas pembelajaran utuh dan sistematis yang bertujuan memberikan perubahan dalam hal ilmu pengetahuan, tingkah laku, nilai atau kemampuan….”


E. Tujuan dan Isu
“Istilah pendidikan orang dewasa bermakna seluruh proses edukasi yang terorganisir, apapun isinya, level, metode, apakah formal atau sebaliknya, apakah proses tersebut panjang atau menggantikan pendidikan awal di sekolah, perguruan tinggi, universitas serta dalam kewirausahaan, di mana di dalamnya, orang-orang dianggap sebagai orang dewasa oleh masyarakat dan mereka mengembangkan kemampuan mereka, mendapatkan pengetahuan mereka, meningkatkan kualifikasi teknis dan professional mereka atau mengubah diri mereka mengikuti sebuah arahan baru dan membawa perubahan dalam sikap dan tingkah laku mereka dalam perspektif dua arah pada perkembangan personal dan partisipasi dalam perkembanagaan kultural, ekonomi, sosial independen dan seimbang.”
Definisi ini menyatakan bahwasanya pendidikan orang dewasa sebaiknya dilihat sebagai sebuah komponen integral pada sebuah skema global untuk “pendidikan dan pembelajaran seumur hidup.”
UNESCO memandang perkembangan sosial dan individual (yaitu komunitas dan nasional) sebagai tujuan utama yang sama untuk pendidikan orang dewasa, sementara yang lain tidak setuju dan kadang-kadang menolak validitas perkembangan sosial sebagai sebuah tujuan pendidikan. Pendidikan dibedakan dari indoktrinasi, sebuah perbedaan yang mungkin lebih mudah dibuat dalam pendidikan orang dewasa daripada dalam pendidikan swasta.
F. Cakupan Bidang
Bahwasanya program edukasional ekstensif dalam sektor korporasi yang di-desain untuk membantu para pelanggan dalam menggunakan produk-produk atau pelayanan yang mereka ambil, merupakan sebuah aktivitas yang sama dengan program di rumah sakit dan organisasi perawatan kesehatan yaitu pendidikan terhadap pasien. Kesatuan buruh, juga memberikan ruang yang luas dalam program edukasional bagi anggota mereka dan para pekerja.


2.2. Fungsi Dasar
Fungsi dasar pendidikan orang dewasa adalah instruksi, konseling, perkembangan program dan administrasi. Proses pengembangan program melibatkan penilaian pada kebutuhan pelajar, membuat dan mengeksekusi keputusan yang diperlukan dalam aktivitas belajar untuk memposisikan dan mengevaluasi hasil.
Keunikan dan keterpusatan fungsi pengembangan program dalam pendidikan orang dewasa berasal dari perbedaan tujuan dan kebutuhan pendidik orang dewasa.
Sebuah upaya dilakukan untuk mempertemukan bermacam-macam perubahan individu dan kebutuhan kelompok walaupun berupa program jangka pendek. Hal ini mengikuti pernyataan bahwa pendidikan orang dewasa lebih distandarisasi seperti dalam program remidi atau kesempatan kedua yang mensejajarkan kurikulum pendidikan remaja, dan fungsi pengembangan program tidaklah begitu penting.
A. Guru
Guru untuk orang dewasa, sebagaimana guru anak-anak dan remaja, juga serius dalam mentransfer dan membangkitkan pengetahuan, sikap, nilai-nilai, serta kemampuan dengan cara yang sistematis. Tentu saja terdapat perbedaan antara mengajarkan orang dewasa dengan remaja, dan tingkat perbedaan ini pada praktiknya bervariasi. Fase “mentransfer dan membangkitkan” memperhatikan esensi perbedaan penting ini. Terkadang, karena tradisi dan pendidikan atau karena tingginya struktur sifat mata pelajaran yang akademis dan mengarah pada kejuruan, penekanan pada seting yang lebih formal yang serupa sekolah cenderung pada transfer pengetahuan oleh guru. Konsep pengajaran semacam ini telah lama ditekankan pada kepustakaan profesional karena ia memperhatikan beberapa karakteristik khusus orang dewasa selaku pelajar. Pada kenyataannya, kepustakaan orang dewasa sering tidak menyebut kata guru, tapi pemimpin, mentor, dan fasilitator. Sedang dalam konsep pengajaran ini, kata guru digunakan karena familiar dan, dalam pengertian yang lebih luas, menunjukkan ke semua orang siapa yang secara langsung memfasilitasi pembelajaran.
Kondisi, tujuan, dan aktivitas guru orang dewasa yang sangat beragam ditujukan untuk menghindari segala hal kecuali deskripsi yang paling umum. Kebanyakan guru orang dewasa adalah sukarelawan yang mengajar di banyak komunitas, seperti dalam asosiasi program pendidikan sukarela.
B. . Konselor
Fungsi konseling yang langsung mempertinggi penyediaan informasi tentang kesempatan pendidikan dan karir, bantuan dalam membut pilihan pendidikan dan pekerjaan, serta bantuan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang mengganggu proses belajar. Jumlah konselor orang dewasa yang ditunjuk sangatlah sedikit, sehingga kebanyakan bagian dari konseling yang ada dilakukan oleh guru, pengembang program, dan administrator. Sebuah studi tentang program pendidikan dasar orang dewasa di kota besar melaporkan bahwa kebutuhan akan konseling sangatlah besar dan suplai konselor sangat sedikit, sehingga para guru yang memikulnya tak peduli apakah mereka siap atau tidak. Rasio konselor ke pelajar dalam agen pendidikan sekolah umum orang dewasa yang komprehensif adalah 1 berbanding 5000. Pada lingkup pendidikan yang lebih tinggi, khususnya komunitas perguruan tinggi, rasio ini umumnya lebih kecil, tapi sumberdaya konselor jarang mencukupi kebutuhan. Sebagai bagian dari peraturan, konselor biasanya ada untuk pelajar dewasa dalam pendidikan dasar, penyelesaian sekolah menengah, dan program perguruan tinggi, namun jarang terdapat di lingkup pendidikan yang kurang formal. Ujian dan penyerahan kepada agen pelayanan sosial dan kesehatan cenderung menjadi fungsi konseling yang menonjol di ABE dan program penyelesaian sekolah menengah, sedangkan konseling pekerjaan (biasanya dalam kelompok), bimbingan akademik, dan pengembangan kemampuan studi lebih condong ke karakteristik lingkup pendidikan yang lebih tinggi.
Pemberian konseling pada pelajar dewasa, sebagaimana pengajaran mereka, sebagian besar masih dilakukan oleh orang-orang yang meluangkan paruh waktunya untuk mereka. Namun, sepertinya jumlah konselor yang bekerja full-time akan terus bertambah.
C. . Pengembang Program / Administrator
Mayoritas pendidik orang dewasa yang bekerja full-time dipekerjakan di peran administrati atau semi-administratif yang meliputi pengembangan program dan fungsi manajemen. Pendidik paruh waktu tentu juga memiliki peran yang sama.
Faktor lain yang menguatkan bercampurnya peran pengembangan program dan peran administratif dalam pendidikan orang dewasa. Kekurangan staf pengajar yang full-time pada kebanyakan pendidikan orang dewasa menyebabkan administrator perlu memikul fungsi tertentu yang normalnya dikerjakan oleh anggota staf pengajar.
Pada banyak kasus, agen pendidikan orang dewasa adalah suatu sub-unit dari organisasi yang lebih besar di mana tujuan utamanya bukanlah pendidikan orang dewasa atau bahkan bukan pendidikan.
Kesempatan suksesnya program dan terus-menerus bertambahnya pelajar baru bahkan guru seringkali didasarkan pada koneksi dan hubungan dengan berbagai kelompok dan organisasi dalam komunitas yang lebih luas. Menurut Beder, koneksi dan hubungan bisa jadi sangat krusial dalam menjamin sumberdaya yag diperlukan seperti pelajar, guru, dukungan politis, dan terkadang bahkan fasilitas, serta layanan seperti perawatan anak dan penempatan kerja. Bahkan, unit pendidikan yang mandiri dan kepelatihan pada kemiliteran dan industri pun seringkali menemukan bahwa membangun hubungan dengan pihak luar, terutama pihak perguruan tinggi dan universitas, sangatlah berguna.
D. Studi Kesarjana
Meskipun ada perkembangan pesat dalam jumlah program kesarjana dan jumlah kesarjana dengan persiapan formal dalam pendidikan orang dewasa, tapi mayoritas program berbasis universitas ukurannya paling sederhana, setidaknya jika diukur dengan istilah anggota fakultas yang full-time.
Tujuan pendidikan, kurikulum-kurikulum, dan orientasi bidang pendidikan orang dewasa di masing-masing program kesarjana berbeda-beda. Beberapa program baru, khususnya yang didirikan dengan bantuan pemerintah pusat di Selatan pada akhir tahun 1960-an, sangat berorientasi pada pelatihan personil pendidikan dasar orang dewasa. Karena kelangkaan posisi full-time bagi pendidik orang dewasalah maka studi kesarjana pada kebanyakan universitas menyanggupi untuk menyiapkan pengembangan program dan peran administrasi dalam spektrum lingkup yang luas.
Fleksibilitas juga didapatkan lewat pembelajaran mandiri (yang diarahkan sendiri) yang berbeda dengan menggunakan sarana seperti studi independen, lapangan kerja, dan kursus internship (keahlian). Konsekuensinya, sarjana datang dari background yang berbeda-beda dan biasanya telah memiliki pengalaman profesional dalam pendidikan orang dewasa atau bidang terkait sebelum melewati studi kesarjana.
Universitas adalah sebuah institusi yang tidak hanya menyiapkan tenaga pendidik perguruan tinggi. Volume terbesar dari pelatihan pemimpin pendidikan dewasa yang teroganisir terjadi dalam institusi pendukung program, seperti industri dan perusahaan komersial, sekolah umum, departemen pemerintahan yang berperan penting, dan asosiasi sukarelawan.
E. Riset (Penelitian)
Penciptaan kumpulan ilmu pengetahuan dalam pendidikan perguruan tinggi melalui pencarian yang sistematis dan teratur telah tertinggal jauh dari perkembangan program pelatihan sarjana. Pendidik perguruan tinggi telah sangat bergantung pada teori umum dan penemuan penelitian dalam pendidikan dan ilmu alamiah sosial yang sangat penting bagi semua pendidik. Bagaimanapun juga, kumpulan ilmu pengetahuan umum yang teruji belum terpenuhi.
Sementara melalui evaluasi/ analisa menyeluruh dari sseluruh sumbangan para ilmuwan untuk pemahaman kita dari pembelajaran orang dewasa dan pendidikan adalah tidak mungkin disini, kita harus mengingat secara ringkas perkembangan-perkembangan yang berarti.
Tidak ada keraguan bahwa ilmuwan sosial akan terus membuat kontribusi penting untuk pemahaman kita tentang pendidikan tinggi dan bahwa peneliti pendidikan tinggi akan melanjutkan untuk menggunakan topic-topik dan penemuan penelitian dari sosialogi, psikologi, ekonomi, dan disiplin ilmu yang lain.
Meski yang paling mendasar dan secara luas mempunyai asumsi tentang pembelajar dewasa dan kondisi-kondisi yang mendukung pembelajaran dewasa telah berdampak sangat kecil kepada penelitian ilmiah yang menyeluruh dan teliti. Hal ini belum didemonstrasikan secara jelas, sebagai contoh, bahwa peserta yang aktif oleh orang dewasa dalam merencanakan atau menerapakan aktifitas belajar mereka mempunyai dampak yang penting pada hasil pendidikan.
Kebanyakan riset pada pendidikan tinggi terjadi dalam universitas, dan dalam jumlah terbesar berasal dari mahasiswa program doctor dalam bentuk disertasi.
F. Organisasi Profesional
Banyak organisasi dimana pendidik orang dewasa dan institusi pendidikan orang dewasanya mempunyai banyak tujuan dan dan kondisi yang memberi karakter pendidikan tinggi saat ini. Organisasi-organisasi ini memenuhi beberapa fungsi penting untuk kelanjutan perkembangan bidang dan praktisinya. Mungkin fungsi paling penting dari organisasi pendidikan orang dewasa adalah perkembangannya professional.
G. Identitas Profesional
Sifat pendidikan orang dewasa adalah sebuah usaha yang tidak bisa didominasi oleh lembaga manapun dan tidak pernah bisa dikurangi untuk satu tujuan atau fungsi selain memperluas komitmen utnuk manusia dan perkembangan sosial. Dalam beberapa hal, pendidikan orang dewasa sama dengan sub bidang yang lain dalam pendidikan professional yang lebih luas, seperti pendidikan atau bimbingn khusus, tetapi di lain hal sangat berbeda, karena ini tidak terikat pada sekolah-sekolah atau kondisi yang mirip sekilah dan tujuan-tujuannya.
2.3. Perkembangan Teori Andragogi Dalam Masyarakat
Malcolm Knowles dalam publikasinya yang berjudul "The Adult Learner, A Neglected Species" yang diterbitkan pada tahun 1970 mengungkapkan teori belajar yang tepat bagi orang dewasa. Sejak saat itulah istilah "Andragogi" makin diperbincangkan oleh berbagai kalangan khususnya para ahli pendidikan.
Sebelum muncul Andragogi, yang digunakan dalam kegiatan belajat adalah Pedagogy. Konsep ini menempatkan murid/siswa sebagai obyek di dalam pendidikan, mereka mesti menerima pendidikan yang sudah di setup oleh sistem pendidikan, di setup oleh gurunya/pengajarnya. Apa yang dipelajari, materi yang akan diterima, metode panyampaiannya, dan lain-lain, semua tergantung kepada pengajar dan tergantung kepada sistem. Murid sebagai obyek dari pendidikan.
Kelemahannya Pedagogi adalah manusia (dalam hal ini adalah siswa) yang memiliki keunikan, yang memiliki talenta, memiliki minat, memiliki kelebihan, menjadi tidak berkembang, menjadi tidak bisa mengeksplorasi dirinya sendiri, tidak mampu menyampaikan kebenarannya sendiri, sebab yang memiliki kebenaran adalah masa lalu, adalah sesuatu yang sudah mapan dan sudah ada sampai sekarang. Perbedaan bukanlah menjadi hal yang biasa, melainkan jika ada yang berbeda itu akan dianggap sebagai sebuah perlawanan dan pemberontakan. Pedagogy memiliki kelebihan, yakni di dalam menjaga rantai keilmuan yang sudah diawali oleh orang-orang terdahulu, maka rantai emas dan benang merah keilmuan bisa dilanjutkan oleh generasi mendatang. Generasi mendatang tidak perlu mulai dari nol lagi, melainkan tinggal melanjutkan apa yang sudah ditemukan, apa yang sudah dirintis, apa yang sudah dimulai oleh generasi mendatang.
Dalam Andragogy inilah, kita kenal istilah-istilah Enjoy Learning, Workshop, Pelatihan Outbond,dll, dan dari konsep Pendidikan Andragogy inilah kemudian muncul konsep-konsep Liberalisme pendidikan, Liberasionisme pendidikan dan Anarkisme pendidikan. Liberalisme pendidikan bertujuan jangka panjang untuk melestarikan dan memperbaiki tatanan sosial yang ada dengan cara mengajar setiap siswa sebagaimana cara menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan sehari-hari secara efektif. Liberasionisme pendidikan adalah sebuah sudut pandang yang menganggap bahwa kita harus segera melakukan perombakan berlingkup besar terhadap tatanan politik (dan pendidikan) yang ada sekarang, sebagai cara untuk memajukan kebebasan-kebebasan individu dan mempromosikan perujudan potensi-potensi diri semaksimal mungkin. Bagi pendidik liberasionis, sekolah bersifat obyektif namun tidak sentral dan sekolah bukan hanya mengajarkan pada siswa bagaimana berpikir yang efektif secara rasional dan ilmiah, melainkan juga mengajak siswa untuk memahami kebijaksanaan tertinggi yang ada di dalam pemecahan-pemecahan masalah secara intelek yang paling meyakinkan. Dengan kata lain, liberasionisme pendidikan dilandasi oleh sebuah sistem kebenaran yang terbuka. Secara moral, sekolah berkewajiban mengenalkan dan mempromosikan program-program sosial konstruktif dan bukan hanya melatih pikiran siswa. Sekolahpun harus memajukan pola tindakan yang paling meyakinkan yang didukung oleh sebuah analisis obyektif berdasarkan fakta-fakta yang ada.
Hal ini sejalan dengan pendapat Aristoteles tentang prinsip pendidikan yaitu sebagai wahana pengkajian fakta-fakta, mencari ‘yang obyektif’, melalui pengamatan atas kenyataan. Anarkisme pendidikan pada umumnya menerima sistem penyelidikan eksperimental yang terbuka (pembuktian pengetahuan melalui penalaran ilmiah). Tetapi berbeda dengan liberal dan liberasionis, anarkisme pendidikan beranggapan bahwa harus meminimalkan dan atau menghapuskan pembatasan-pembatasan kelembagaan terhadap perilaku personal, bahwa musti dilakukan untuk membuat masyarakat yang bebas lembaga. Menurut anarkisme pendidikan, pendekatan terbaik terhadap pendidikan adalah pendekatan yang mengupayakan untuk mempercepat perombakan humanistik berskala besar yang mendesak ke dalam masyarakat, dengan cara menghapuskan sistem persekolahan sekalian.


BAB III
PENUTUP

3.1. Saran
Dalam andragogi, peranan guru, pengajar atau pembimbing yang sering disebut dengan fasilitator adalah mempersiapkan perangkat atau prosedur untuk mendorong dan melibatkan secara aktif seluruh warga belajar, maka dalam proses belajar harus memperhatikan elemen-elemen:
1. Menciptakan iklim dan suasana yang mendukung proses belajar mandiri
2. Menciptakan mekanisme dan prosedur untuk perencanaan bersama dan partisipatif.
3. Diagnosis kebutuhan-kebutuhan belajar yang spesifik Merumuskan tujuan-tujuan program yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan belajar
4. Merencanakan pola pengalaman belajar
5. Melakukan dan menggunakan pengalaman belajar ini dengan metoda dan teknik yang memadai.
6. Mengevaluasi hasil belajar dan mendiagnosis kembali kebutuhan-kebutuhan belajar. Ini adalah model proses.
Karena ini merupakan pendidikan untuk orang dewasa maka guru, pengajar atau pembimbing lebih berperan sebagai fasilitator untuk mengembangkan kreatifitas dalam pemecahan masalah secara nyata.
Semua aktifitas didalam kegiatan belajar haruslah dibicarakan bersana warga belajar, karena sifat dari orang dewasa (matang) mempunyai sifat mapu mengarahkan diri sendiri dan setiap orang mempunyai cara yang berbeda dalam melakukannya, jadi apa yang dilakukan dalam kegiatan belajar haruslah merupakan kesepakatan bersama.
3.2. Kesimpulan
Teori Belajar Adragogi dapat diterapkan apabila diyakini bahwa peserta didik (siswa-mahasiswa-peserta) adalah pribadi-pribadi yang matang, dapat mengarahkan diri mereka sendiri, mengerti diri sendiri, dapat mengambil keputusan untuk sesuatu yang menyangkut dirinya. Andragogi tidak akan mungkin berkembang apabila meninggalkan ideal dasar orang dewasa sebagai pribadi yang mengarahkan diri sendiri. Yang menjadi tolok ukur sebuah kedewasaan bukanlah umur, namun sikap dan perilaku, sebab tidak jarang orang yang sudah berumur, namun belum dewasa. Memang, menjadi tua adalah suatu keharusan dan menjadi dewasa adalah sebuah pilihan yang tidak setiap individu memilihnya seiring dengan semakin lanjut usianya.



c.daftar rujukan :

The name I Loved


soni siryeowa sarangui gieogi chagapge dagawa

aryeoonda ijeneun deo isang neoreul bujeonghago sipji anheun nareul algo itjiman

gakkai inneun neol saranghal su eomneungeol algo itgie

nal barabol su eomneun neol gidarimi neomu himdeureo

ijen gyeondil su eobseo irwojil su eopgie

naega saranghaetdeon geu ireum

bulleoboryeo nagalsurok neomu meoreojyeotdeon

geu ireum ijen jeogeonoko na ulmeogyeo

nae ane sumgo sipeojyeo

neol saranghal subakke eobseotdeon

geu nareul ijen arajwoyo

irul su eomneun sarangdo saranginikka

honja hal su eomneun sarangiran neukkimeun naege dagawa

sijak hal su do eomneun geuriumdeureun keojyeoman gago

sirin gaseum han kyeonen neoui hyanggiman nama

naega saranghaetdeon geu ireum

bulleoboryeo nagalsurok neomu meoreojyeotdeon

geu ireum ijen jeogeonoko na ulmeogyeo

nae ane sumgo sipeojyeo

neol saranghal subakke eobseotdeo

geu nareul ijen arajwoyo

irul su eomneun sarangdo saranginikka

sucheon beoneul dorikyeo cheoeumui naro gan sungane

gaseum han guseoge da asagal ne moseubin geol

naega saranghaetdeon geu ireum

bulleoboryeo nagalsurok neomu meoreojyeotdeon

geu ireum ijen jeogeonoko na ulmeogyeo

nae ane sumgo sipeojyeo

neol saranghal subakke eobseotdeon

geu nareul ijen arajwoyo

irul su eomneun sarangdo saranginikka

irul su eomneun sarangdo saranginikka


****Translation****

Both hands trembles as I remembered the cold love memories

Now it is getting weirder, I dont wish to reject you, but I just know that

No matter how close we are, I know that I cant love you anymore

I cant miss you; waiting for you makes me tired

I cant endure anymore and I cant realize this

The name I loved once in this life

Has becoming further and further away from me

I am writing your name on a paper and forever kept it in my heart

From thatday I only realized that I will only loved you forever

Love that cant be together can also be known as Love

I cant handle the love memories and feelings alone

I cant start this, I can only miss you secretly in my heart

My heart only left your body fragrance that I missed and always loved

The name I loved once in this life

Has becoming further and further away from me

I am writing your name on a paper and forever kept it in my heart

From that day I only realized that I will only loved you forever

Love that cant be together can also be known as Love

Kept remembering the first time I saw you walking towards me

And stolen an edge of my heart without noticing

The name I loved once in this life (Loved once in this life)

Has becoming further and further away from me

I am writing your name on a paper and forever kept it in my heart

From that day I only realized that I will only loved you forever

Even though it is not long, but my love for you will never change

The name I loved once in this life

Has becoming further and further away from me

I am writing your name on a paper and forever kept it in my heart

From that day I only realized that I will only loved you forever

Jumat, 23 Oktober 2009

사랑 아니에요,하지만 난 그를 잃을까 두려워


하나 .... 난 바보 였어 하지만 멍청한 emang ... Baboo

bassal.... babo sanagt sih Kaw...ini...

Bengakkkk Babo...

내가 어디 있는지 모르겠 내 사랑은 ... 그래서 내가 바보입니까?

Rabu, 21 Oktober 2009

belajar Hangul = By My luvily eunHyuk hwakakakk




karena daku.... suka banget suPer junior, trus... dan daku gila ma Eunhyukkk akhirNya... Daku... beJaLar sebisanya,,, ke perpus,,,, NgerPek di Gramed... trus... otak-atik Internet... demi belajar hangull... yang LuamayannnLah... akhirnya bisa sedikit...hehehehehehehe.. Um... sapa tawu...Ntar KenytaaNya... Daku dapet suami Orang korea.... hahahahah


amieeennnnn
Ni... daku mo sekedar berbagi Ilmu...

Ini dia daftar nya:

Vokal:

ㅏ (a) ㅓ (eo) ㅗ (o)

ㅜ (u) ㅡ (eu) ㅣ (i)

ㅐ (ae) ㅔ (e) ㅑ (ya)

ㅕ (yo) ㅛ (y0)

ㅒ(yae) ㅖ(ye) ㅠ (yu)

Konsonan:

ㅂ(p, b) ㅈ(c, j) ㄷ(t,d)

ㄱ(k,g) ㅅ(s) ㅁ(m)

ㄴ(n) ㅇ(kosong, ng) ㄹ(l,r)

ㅎ(h) ㅋ(kh) ㅌ(th)

ㅊ(ch) ㅍ(ph)

Tambahan:

ㅃ (pp)
ㄸ (tt)
ㄲ (kk)
ㅆ (ss)

nah diatas ini, termasuk konsonan juga, dan di bagian vokal ada tambahan lain, cuma malas gw nulis nya, tp yang diatas ini, udah cukup sebagai dasar.jadi tinggal nulis dan baca gampang klo udah hafal huruf-huruf diatas, masalah mengartikan, cari kamus aja, hohohoh..

sebenernya ada bnyk yg blg, bahasa korea, jepang dan cina ithu ga bisa belajar sendiri, ga spt bahasa inggris yang gampang bisa belajar sendiri, tp ada juga yang bilang dan berpengalaman belajar sendiri, bahkan korea dan jepang nya udah sampe level 3. mau pilih belajar sendiri atau diajarin terserah kalian, cuma masalah nya spt nya pengucapan huruf ga bakal bisa belajar sendiri, harus ada native yang harus melafalkan, ya mungkin bisa dengerin orang korea ngomong atau nonton drama.

contoh: Super Junior, orang korea bilang nya Suphe – Junio yang terdiri dari huruf:

슈퍼주니어 =ㅅ +ㅠ +ㅍ +ㅓ +ㅈ +ㅜ +ㄴ +ㅣ+ㅇ +ㅓ

bisa dilihat diatas 어 adalah huruf o, jadi yang nama nya huruf vokal, ga bisa berdiri sendiri, maka nya dibantu sama konsonan ㅇ.

contoh lain:이승현 (Lee Seung Hyun: nama asli Seungri), berhubung lee dibaca orang korea ee(baca: i) maka disusun oleh huruf i yang iniㅣ, nah karena vokal ga bisa berdiri sendiri, maka nya dibantu sama ㅇ(baca: ieung). selebih nya sama, gabungkan saja huruf s dengan eu+ng dan h + yu + n.

cara menulis ya spt diatas, Konsonan Vokal Konsonan Vokal, Konsonan Vokal, Konsonan Vokal(dibawah vokal ada konsonan), dan Vokal Konsonan.

dah!! segitu aja dulu yee, capek neh..

gmn, gampang kan??

Ring Ding dong (sHinee)




SHINEE - Ring Ding Dong

[Jonghyun] Baby
Negae banhae beorin naegae wae irae
Dureopdago mulleoseoji malgo
Geunyang naegae matgyeobwala eoddae
My lady

[Onew] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding (x2)
[Taemin] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding (x2)

[Key] Butterfly
Neoreul mannan chut sungan
Nooni beonjjeok meori ssak
Belli ding dong oolleosseo
[Onew] Nan malya meotjinnom chakhannom
Geureon nomeun anijiman
Nareumdaero gwaenchaneun bad boy

[Taemin] Neodo machi butterfly
Neomu yakhae ppajeosseo
Neomu soonhae ppajeosseo
Neol gyeotae dweoyagaesseo
[Jonghyun] Deoneun geokjeongma geokjeongma
Naman mideobomyeon dwaejana
Niga neomu mamae deuleo
Nochil su eopneun geol

*[All] Baby
Naega soomeul meomchool su oh crazy
Neomu yeppeo gyeondil su oh crazy
Neo animyeon pilyoeopda crazy
Na wae irae

So fantastic
So elastic

Fantastic (x4)
Elastic (x4)

[Onew] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding
([Taemin] _____ deullinda)

[Onew] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding
([Onew] Meorisokae oolinda)

[Taemin] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding
([Key] Nae gaseumae oolinda)

[Taemin] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding

[Jonghyun] I call you butterfly
Nali gamyeon galsurok
Mosi bakhyeo neoran geol
Haeyeonal su eopdaneun geol

[Key] Nareul seontaekhae (Dolikiji malgo)
Seontaekhae (Domanggaji malgo)
[Taemin] Negae ppajin baboin na
[Jonghyun] Nal chaekimjyeoya dwae

*(Repeat)

[Minho] Nan chakhadi chakhanjeunghugooni
Geollin neoreul ihae mot hagaetda
[Key] Neon gakkeumssik geureon gojung
Emijireul talpi italhaebwa gwaenchanda

[Onew] Break out ([Key] Hey!) (x4)
Ring ding ding ding ding
Dong dong dong dong

[Jonghyun] Sashil nan bulanhae
[Taemin] Eojjeomyeon eojjeomyeon
Naegae hogameul gatgo itneunji molla
[Onew] Etorok anjeolbujeol hal subbakae eopseo
[Jonghyun] Dolikil su eopneun geol

[Onew] Complicated girl
[Taemin] Jeoldae no lan daedaphaji ma
[Jonghyun] Na gwaenchaneun namjalan geol
[Taemin] Naega michyeobeolilji molla

[Key] Silly girl (Silly girl)
[Onew] You’re my miracle (My miracle)
[Jonghyun] Neoman gajil su itdamyeon
Naegaen da pilyoeopneun geol

*(Repeat)

So fantastic
So elastic

Fantastic (x4)
Elastic (x4)

[Onew] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding
([Taemin] _____ deullinda)

[Onew] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding
([Onew] Meorisokae oolinda)

[Taemin] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding
([Key] Nae gaseumae oolinda)

[Taemin] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding

————————————————


TRANSLATIONS

[Jonghyun] Baby
Why are you doing this to me
Who’s fallen in love with you?
Don’t step back, saying you’re afraid
Just leave it up to me
How’s that, my lady?

[Onew] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding (x2)
[Taemin] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding (x2)

[Key] Butterfly
The first moment I saw you
Eyes flashing, hair swishing
The bell rang ding dong

[Onew] I mean, I’m not
A cool guy or a nice guy
I’m a decent bad boy
In my own way

[Taemin] You’re also like a butterfly
You fell because you were too weak
You fell because you were too gentle
I’ll have to put you to the side
[Jonghyun] Don’t worry, don’t worry anymore
All you have to do is only believe in me
I like you a lot, I can’t let you slip

*[All] Baby
I can’t breathe, oh crazy
You’re too pretty, I can’t take it, oh crazy
If it’s not you, I don’t need it, crazy
Why am I like this?

So fantastic
So elastic

Fantastic (x4)
Elastic (x4)

[Onew] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding
([Taemin] _____ ???)

[Onew] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding
([Onew] It rings in my head)

[Taemin] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding
([Key] It rings in my heart)

[Taemin] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding

[Jonghyun] I call you butterfly
As days pass, nails keep driving in
I can’t free myself from you

[Key] Choose me (Don’t turn around)
Choose (Don’t run away)
[Taemin] Me, a fool, who has fallen for you
[Jonghyun] You have to take
Responsibility of me

*(Repeat)

[Minho] I can’t understand you
Who has caught the nice syndrome
[Key] Try to shed and break away sometimes
From those fixed images, it’s okay

[Onew] Break out ([Key] Hey!) (x4)
Ring ding ding ding ding
Dong dong dong dong

[Jonghyun] Honestly, I’m nervous
About how you see me
[Taemin] How, how
I don’t know if you have a good impression of me

[Onew] If it’s like this, I can only be restless
[Jonghyun] I can’t turn back

[Onew] Complicated girl
[Taemin] Never answer with a no
[Jonghyun] I’m a decent guy
[Taemin] I don’t know if I’ll go crazy

[Key] Silly girl (Silly girl)
[Onew] You’re my miracle (My miracle)
[Jonghyun] If I can just have you
I don’t need anything else

*(Repeat)

So fantastic
So elastic

Fantastic (x4)
Elastic (x4)

[Onew] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding
([Taemin] _____ ???)

[Onew] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding
([Onew] It rings in my head)

[Taemin] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding
([Key] It rings in my heart)

[Taemin] Ring ding dong
Ring ding dong
Ring diggi dingdiggi
Ding ding ding




umm.... seneng banget dah... daku ma nih lagu... Ini adalah lagu yang palin terkeren dari ShineE....
Hwakkkkkkk Mak..... Daku... Makin gila Ma si Onew....
hwakakakakak... Mimpi deh Daku...
T_T

Senin, 19 Oktober 2009

Oh…Kampuank Bumi Ranah Minang Den…


Sajak awal den pulang kampuank di liburan samester 2 lalu, den takuik bana rasonyo akan kehilangan ssuatu yang berharga dalam hidup Na. Tu mah… iyo… sanak-sanak Na nan dikampuank ranah minang lah dauLu maninggakan denai. Yo bana padiah hatiko, sadiah… ndak talok mamandam kasidiahan dibueknyo dowh. Tanggal 19 september jam 2 dini hari Na sampai di Pariaman, setelah 4hari 3 malam Na manampuah pajalanan dari Malang-Padang. Dek arilah malam Na menginap di tampek Uni Oja, dan paginyo Na harus manampuah lai pajalanan ka Payokumbuah, katiko malam tu..pas lalok di ateh kasua kamar uni Oja, Na mamikiakan tentang gampo…trus… dipaginyo Na ka bertolak manuju ka Payokumbuah, Na sangat menikamati pajalanan, walaw alah berhari-hari dalam perjalanan Na kali itulah sangat menikmati perjalanan, Na caliak…samanjak Otolah bajalan…pemandangan Bumi Ranah minang taraso sangaik indah bana, Apolai katiko malewati daerah sicincin, nan banyak pabukitannyo, disitu Nampak dek Na daerahnyo minang banget, trus,,, dek hari bisuak ka Rayo urang-urang sicincin sibuk pai Ka padang Panjang n Bukiktiinggi pai mambali Bantai (Dagiang). Hm… taraso bana ndeh diateh oto tu minangnyo, carito urang sadonyo manganai manyambuik ari Ka Rayo Bisuak… carito-carito jo Apak Gaek yang duduak di bangku sabalah Na, trus…mancaliak anak kenek yang malu-malu bercampua bahagia diagiah piti 2ribu dek atuak2… oalahhhh itu mambuek makin samangaik untuak Manyalasaikan Rayo Idul fitri dirumah.
Di hari Nan Ka 10, Bumi Ranah Minang di kuncang Gampo Gadang, dunsanak kami nan sasuku, saagamo banyak nan kanai dek musibah tu, banyak nan maningga, hilang, luko-luko dan rumah meraka pada hancur… ndehhh yo ndak sanggup Na deknyo do, banyak pulo kawan-kawan Na yang menjadi korban, siap tu Na taringek…yang paliang parah dari efek gampo tu adalah kab.Padang pariaman-sicincin. Ondeh… indak bana do… takana dek Na…daerah sicincin yang Na nikmati tu, siap tu urang-urang yang samo saoto jo Na ka Bukiktinggi waktu itu… Ya Allah… Lindungilah urang-urang itu, Na tau rumah urang-urang tu dibawah bukik sadonyo.
7 hari paca gampo… Na harus babaliak ka nagari urang untuak manuntuik Ilmu, untuang Na lai tabali tiket pesawat di Pakanbaru, dapek nan murah yang Na buking jauah-jauah hari sabalun gampo, sedangkan peasawat Padang-Jakarta bahkan sampai 3juta. Siap tu jalan ka ditampuah dari payokumbuah ka Padang banyak nan longsor +plusnyo jalan putuih, syukur pajalanan Na ka Pakanbrau lancar-lancarjaya sajo. Trims ya Allaoh…mantuaknyo iko adlah petunjuk yang diagiahkan Alloh untuk bisa pulang dan bisa merasakan dasyatnyo Idul Fitri dan Gampo Gadang di Bumi Ranah Minang. Kalo seandainyo ndak marasoan gampo dirumah, mungkin Na alah Gilo mamikian Kampuank jo keluarga anatah ba’a keadaanya, dan pas pulo 3 hari pasca gampo..komunikasi seluler putuih en mati total.
Salapeh kelok 9, ndak talok lai Na mambanduang aia mato, Manahan sadiah mancaliak keadaan Kampuank yang ditinggakan dalam keadaan rusuah, tapi ka ba’a juo lei… dek iko pulo Na harus pai ka Rantau manuntuik ilmu en babaliakk mambaok Ilmu nan baguno untuak Kampuank juo. Ndehhh ya Alloh.. semoga Na bisa menyelesaikan dengan tepat wakatu kuliah Na ko, yang kuliah ko yo bana Barekkk yo Tuhan Alloh nan kayoo. Dan pastinyo Na bisa mambahagiakan urang nan Na cinto…T_T

Minggu, 18 Oktober 2009

Trims Ya ALLoh




Semalam, Q gelisah bgt...ga tawu kenapa, ternyata malam Itu... IbuQ meMang dalam bahaya, setelah tadi pagi Ibuku memberi kabar ia telah selamat dari bahaya. Malam itu...tidurkupun dibuat tak nyenyak...entah kenapa,tiba2 saja...aku berinisiatif untuk melaksanakan sholat tahajud. Alhamduillah Ya Allah...akhirnya...Hal yang buruk itu tidak terjadi dengan IbuKu.
Yah....beginilah nasib orang yang dirantau untuk menuntut ilmu di negeri Orang. apalagi ketika sumber bencana itu terjadi diKampung sendiri yang ditinggalkan. Perasaan cemas dan was-was selalu menhampiri diriku..."jika hal buruk itu terjadi...kemungkinan aku tidak akan bisa melanjutkan kuliahku lagi", aku benar2 tidak sanggup jika itu terjadi. Bahkan cita-citaku ke Jepang untuk Melanjutkan S2ku Ku kubur dalam-dalam. Saat ini aku benar2 tidak ingin Meninggalkan lebih jauh kampungKu yang Terinta di Ranah Minang. Ya aLLoh... LindungiLah Ranah MinangKu dan Orang-orang yang Q cintai... amiiiiennnnn

Selasa, 13 Oktober 2009

korban gempa 30S Sumatera Barat



Liputan6.com, Padang: Gempa dahsyat di Sumatra Barat, memang telah berlalu hampir dua pekan. Namun, jumlah korban tewas terus bertambah. Satuan Koordinasi Pelaksana (Satkorlak) Penanggulangan Bencana Sumbar di Padang, Selasa (13/10) malam, mengumumkan jumlah korban tewas yang telah ditemukan akibat gempa 7,9 skala Richterterus bertambah. Hingga pukul 20.00 WIB tadi, jumlah korban meninggal dunia mencapai 1.115 orang.

Korban tewas terbanyak di Kabupaten Padang Pariaman, yakni mencapai 675 orang. Di Kota Padang sebanyak 313 orang. Kota Pariaman ada 37 korban tewas, Kabupaten Pesisir Selatan ditemukan 11 korban tewas, sementara Kota Solok terdapat tiga korban tewas. Korban tewas di Kabupaten Agam sebanyak 80 orang, sedangkan di Kabupaten Pasaman Barat ditemukan tiga korban tewas.



(takana Rumah Wak dibuekNyo)

Selain menewaskan seribu lebih warga, gempa pada 30 September silam itu mengakibatkan 1.214 orang cedera berat dan 1.688 orang menderita luka ringan. Adapun rumah yang rusak berat tercatat sebanyak 135.299 unit. Rumah rusak sedang mencapai 65.306 unit, sedangkan rumah rusak ringan tercatat 78.591 unit.

Data mengenai jumlah korban tewas akibat gempa di Sumbar memang meningkat drastis dalam empat hari terakhir. Jumat silam, Sarkorlak Sumbar menyebutkan korban meninggal telah mencapai 803 orang. Sementara korban luka berat, 891 orang, korban luka ringan, 1.365 orang, dan warga hilang sebanyak 241 orang [baca: Korban Tewas Gempa Sumbar 803 Jiwa].(ANS)

Senin, 12 Oktober 2009

ANDRAGOGI

ANDRAGOGI
(Sebuah Konsep Teoritik)

A. Pengertian

Andragogi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yakni Andra berarti orang dewasa dan agogos berarti memimpin. Perdefinisi andragogi kemudian dirumuskan sebagau "Suatu seni dan ilmu untuk membantu orang dewasa belajar". Kata andragogi pertama kali digunakan oleh Alexander Kapp pada tahun 1883 untuk menjelaskan dan merumuskan konsep-konsep dasar teori pendidikan Plato. Meskipun demikian, Kapp tetap membedakan antara pengertian "Social-pedagogy" yang menyiratkan arti pendidikan orang dewasa, dengan andragogi. Dalam rumusan Kapp, "Social-pedagogy" lebih merupakan proses pendidikan pemulihan (remedial) bagi orang dewasa yang cacat. Adapun andragogi, justru lebih merupakan proses pendidikan bagi seluruh orang dewasa, cacat atau tidak cacat secara berkelanjutan.

B. Andragogi dan Pedagogi

Malcolm Knowles menyatakan bahwa apa yang kita ketahui tentang belajar selama ini adalah merupakan kesimpulan dari berbagai kajian terhadap perilaku kanak-kanak dan binatang percobaan tertentu. Pada umumnya memang, apa yang kita ketahui kemudian tentang mengajar juga merupakan hasil kesimpulan dari pengalaman mengajar terhadap anak-anak. Sebagian besar teori belajar-mengajar, didasarkan pada perumusan konsep pendidikan sebagai suatu proses pengalihan kebudayaan. Atas dasar teori-teori dan asumsi itulah kemudian tercetus istilah "pedagogi" yang akar-akarnya berasal dari bahasa Yunani, paid berarti kanak-kanak dan agogos berarti memimpin. Kemudian Pedagogi mengandung arti memimpin anak-anak atau perdefinisi diartikan secara khusus sebagai "suatu ilmu dan seni mengajar kanak-kanak". Akhirnya pedagogi kemudian didefinisikan secara umum sebagai "ilmu dan seni mengajar".

Untuk memahami perbedaan antara pengertian pedagogi dengan pengertian andragogi yang telah dikemukakan, harus dilihat terlebih dahulu empat perbedaan mendasar, yaitu :

1. Citra Diri

Citra diri seorang anak-anak adalah bahwa dirinya tergantung pada orang lain. Pada saat anak itu menjadi dewasa, ia menjadi kian sadar dan merasa bahwa ia dapat membuat keputusan untuk dirinya sendiri. Perubahan dari citra ketergantungan kepada orang lain menjadi citra mandiri. Hal ini disebut sebagai pencapaian tingkat kematangan psikologis atau tahap masa dewasa. Dengan demikian, orang yang telah mencapai masa dewasa akan berkecil hati apabila diperlakukan sebagai anak-anak. Dalam masa dewasa ini, seseorang telah memiliki kemauan untuk mengarahkan diri sendiri untuk belajar. Dorongan hati untuk belajar terus berkembang dan seringkali justru berkembang sedemikian kuat untuk terus melanjutkan proses belajarnya tanpa batas. Implikasi dari keadaan tersebut adalah dalam hal hubungan antara guru dan murid. Pada proses andragogi, hubungan itu bersifat timbal balik dan saling membantu. Pada proses pedagogi, hubungan itu lebih ditentukan oleh guru dan bersifat mengarah.

2. Pengalaman

Orang dewasa dalam hidupnya mempunyai banyak pengalaman yang sangat beraneka. Pada anak-anak, pengalaman itu justru hal yang baru sama sekali.Anak-anak memang mengalami banyak hal, namun belum berlangsung sedemikian sering. Dalam pendekatan proses andragogi, pengalaman orang dewasa justru dianggap sebagai sumber belajar yang sangat kaya. Dalam pendekatan proses pedagogi, pengalaman itu justru dialihkan dari pihak guru ke pihak murid. Sebagian besar proses belajar dalam pendekatan pedagogi, karena itu, dilaksanakan dengan cara-cara komunikasi satu arah, seperti ; ceramah, penguasaan kemampuan membaca dan sebagainya. Pada proses andragogi, cara-cara yang ditempuh lebih bersifat diskusi kelompok, simulasi, permainan peran dan lain-lain. Dalam proses seperti itu, maka semua pengalaman peserta didik dapat didayagunakan sebagai sumber belajar.

3. Kesiapan Belajar

Perbedaan ketiga antara pedagogi dan andragogi adalah dalam hal pemilihan isi pelajaran. Dalam pendekatan pedagogi, gurulah yang memutuskan isi pelajaran dan bertanggung jawab terhadap proses pemilihannya, serta kapan waktu hal tersebut akan diajarkan. Dalam pendekatan andragogi, peserta didiklah yang memutuskan apa yang akan dipelajarinya berdasarkan kebutuhannya sendiri. Guru sebagai fasilitator.

4. Nirwana Waktu dan Arah Belajar

Pendidikan seringkali dipandang sebagai upaya mempersiapkan anak didik untuk masa depan. Dalam pendekatan andragogi, belajar dipandang sebagai suatu proses pemecahan masalah ketimbang sebagai proses pemberian mata pelajaran tertentu. Karena itu, andragogi merupakan suatu proses penemuan dan pemecahan masalah nyata pada masa kini. Arah pencapaiannya adalah penemuan suatu situasi yang lebih baik, suatu tujuan yang sengaja diciptakan, suatu pengalaman pribadi, suatu pengalaman kolektif atau suatu kemungkinan pengembangan berdasarkan kenyataan yang ada saat ini. Untuk menemukan "dimana kita sekarang" dan "kemana kita akan pergi", itulah pusat kegiatan dalam proses andragogi. Maka belajar dalam pendekatan andragogi adalah berarti "memecahkan masalah hari ini", sedangkan pada pendekatan pedagogi, belajar itu justru merupakan proses pengumpulan informasi yang sedang dipelajari yang akan digunakan suatu waktu kelak.

C. Langkah-langkah Pelaksanaan Andragogi

Langkah-langkah kegiatan dan pengorganisasian program pendidikan yang menggunakan asas-asas pendekatan andragogi, selalu melibatkan tujuh proses sebagai berikut :

1. Menciptakan iklim untuk belajar
2. Menyusun suatu bentuk perencanaan kegiatan secara bersama dan saling membantu
3. Menilai atau mengidentifikasikan minat, kebutuhan dan nilai-nilai
4. Merumuskan tujuan belajar
5. Merancang kegiatan belajar
6. Melaksanakan kegiatan belajar
7. Mengevaluasi hasil belajar (menilai kembali pemenuhan minat, kebutuhan dan pencapaian nilai-nilai.

Andragogi dapat disimpulkan sebagai :

1. Cara untuk belajar secara langsung dari pengalaman
2. Suatu proses pendidikan kembali yang dapat mengurangi konflik-konflik sosial, melalui kegiatan-kegiatan antar pribadi dalam kelompok belajar itu
3. Suatu proses belajar yang diarahkan sendiri, dimana kira secara terus menerus dapat menilai kembali kebutuhan belajar yang timbul dari tuntutan situasi yang selalu berubah.

D. Prinsip-prinsip Belajar untuk Orang Dewasa

1. Orang dewasa belajar dengan baik apabila dia secara penuh ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan
2. Orang dewasa belajar dengan baik apabila menyangkut mana yang menarik bagi dia dan ada kaitan dengan kehidupannya sehari-hari.
3. Orang dewasa belajar sebaik mungkin apabila apa yang ia pelajari bermanfaat dan praktis
4. Dorongan semangat dan pengulangan yang terus menerus akan membantu seseorang belajar lebih baik
5. Orang dewasa belajar sebaik mungkin apabila ia mempunyai kesempatan untuk memanfaatkan secara penuh pengetahuannya, kemampuannya dan keterampilannya dalam waktu yang cukup
6. Proses belajar dipengaruhi oleh pengalaman-pengalaman lalu dan daya pikir dari warga belajar
7. Saling pengertian yang baik dan sesuai dengan ciri-ciri utama dari orang dewasa membantu pencapaian tujuan dalam belajar.

E. Karakteristik Warga Belajar Dewasa

1. Orang dewasa mempunyai pengalaman-pengalaman yang berbeda-beda
2. Orang dewasa yang miskin mempunyai tendensi, merasa bahwa dia tidak dapat menentukan kehidupannya sendiri.
3. Orang dewasa lebih suka menerima saran-saran dari pada digurui
4. Orang dewasa lebih memberi perhatian pada hal-hal yang menarik bagi dia dan menjadi kebutuhannya
5. Orang dewasa lebih suka dihargai dari pada diberi hukuman atau disalahkan
6. Orang dewasa yang pernah mengalami putus sekolah, mempunyai kecendrungan untuk menilai lebih rendah kemampuan belajarnya
7. Apa yang biasa dilakukan orang dewasa, menunjukkan tahap pemahamannya
8. Orang dewasa secara sengaja mengulang hal yang sama
9. Orang dewasa suka diperlakukan dengan kesungguhan iktikad yang baik, adil dan masuk akal
10. Orang dewasa sudah belajar sejak kecil tentang cara mengatur hidupnya. Oleh karena itu ia lebih suka melakukan sendiri sebanyak mungkin
11. Orang dewasa menyenangi hal-hal yang praktis
12. Orang dewasa membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat akrab dan menjalon hubungan dekat dengan teman baru.

F. Karakteristik Pengajar Orang Dewasa

Seorang pengajar orang dewasa haruslah memenuhi persyaratan berikut :

1. Menjadi anggota dari kelompok yang diajar
2. Mampu menciptakan iklim untuk belajar mengajar
3. Mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi, rasa pengabdian dan idealisme untuk kerjanya
4. Menirukan/mempelajari kemampuan orang lain
5. Menyadari kelemahannya, tingkat keterbukaannya, kekuatannya dan tahu bahwa di antara kekuatan yang dimiliki dapat menjadi kelemahan pada situasi tertentu.
6. Dapat melihat permasalahan dan menentukan pemecahannya
7. Peka dan mengerti perasaan orang lain, lewat pengamatan
8. Mengetahui bagaimana meyakinkan dan memperlakukan orang
9. Selalu optimis dan mempunyai iktikad baik terhadap orang
10. Menyadari bahwa "perannya bukan mengajar, tetapi menciptakan iklim untuk belajar"
11. Menyadari bahwa segala sesuatu mempunyai segi negatif fan pisitif.

teori dan model pembelajaran


1. Teori Konstruktivis

@ Teori Konstruktivis adalah suatu teori belajar yang menekankan bahwa para siswa sebagai pebelajar tidak menerima begitu saja pengetahuan yang mereka dapatkan, tetapi mereka secara aktif membangun pengetahuan secara individual menurut Carin (dalam Iskandar, 2001).

@ Menurut Von Glasersfeld (dalam Suparno, 1997: 18) konstruktivisme adalah salah satu filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan kita adalah konstruksi (bentukan) kita sendiri. Pengetahuan itu dibentuk oleh struktur konsepsi seseorang sewaktu berinteraksi dengan lingkungannya

@ Hakekat dari teori konstruktivis adalah ide bahwa siswa harus menjadikan informasi itu miliknya sendiri (Nur dan Retno,2000:2).

2. Transformational

Transformatif belajar pada dasarnya adalah jenis pembelajaran yang kita lakukan ketika kita membuat makna dari kehidupan kita.. Ini menjadi topik yang sangat populer dalam pendidikan orang dewasa karena tidak hanya melibatkan kelas belajar - ini melibatkan belajar tentang kehidupan kita.. Hal ini penting karena sebagai orang dewasa, arti proses pembuatan dapat mengubah segalanya tentang bagaimana kita melihat di tempat kerja, keluarga, dan dunia.

3. Model of teaching

Fokus dari metode-metode yang berhubungan dengan kategori ini adalah pada keterampilan dan perilaku yang diamati. Metode ini umumnya terbukti lebih cenderung berdampak positif skor tes standar keterampilan dasar dari model di kategori yang lain

- Instruksi langsung - sangat terstruktur, guru-diarahkan; maksimalisasi waktu belajar mahasiswa

- Penguasaan Belajar - diberikan cukup waktu dan kualitas pengajaran, hampir semua siswa dapat menguasai tujuan setiap himpunan

Minggu, 11 Oktober 2009

Liburan samester duo

Tak terasa sudah 40 hari diriku dikampung halaman tercinta Payakumbuh-Sumatera Barat. Umm.. liburan kali ini indah bana dibanding januari lalu. Karena kali ini semua sahabat ipa 1 ku pada pulang kampung semua… hmmm kita bisa menghabiskan waktu libur hamper setiap hari… dan kini saatnya aku harus balik ke Malang untuk menyelesaikan kuliahku disemester tiga ini… muga aku bisa menjalaninya dengan penuh semangat. Dan sepertinya setumpuk kegiatan sudah menungguku.,.. di kampus. Huh, dari pada aku pusing memikirkan segaa sesuatu yang bikin pusing yang telah menungguku… mendingan diriku menceritakn liburanku yang asik ini…
Hm… aku sampai di tanah kelahiranku pada tanggal 7 juli 2009. aku bertolak tangal 29 juni 2009 dengan Matarmaja dari Malang. Untuk mendapatkan tiket matarmaja ini aku mendapatkannya dengan penuh perjuangan, sebenarnya aku berencana berangkat dari Malang tanggal 28 juni 2009, karena keburu tiket habis aku harus cepat-cepat datang pagi-pagi jam 7 tanggal 29 Juni sampai di stasiun Kota Baru Malang untuk mendapatkan tiket matarmaja pada jam 15:00 Wib dengan tujuan Senen-Jakarta. Setelah sampai di stasiun kota baru aku harus melawan antrian yang sangat panjang, dengan berbekal uang 158 ribu rupiah untuk tiga tiket yaitu untuk diiku dan kedua temanku yang asal Pariaman. Setelah satu jam antri, ketika hamper 3 antrian lagi tiba-tiba tiket habis, aku benar-benar pusing dan mersa sangat letih sekali melihat petugas stasiun memampangkan papan pengumuman tiket habis. Dan orang-orang yang sedang antri dan juga calo-calo segera pergi dari antrian. Seketika itu mukjizat datang. Ibu-ibu yang berada didepanku berinisiatif untuk marah ( Aremania), setelah melewati proses yang panjang, akhirnya petugas stasiun menambah satu gerbong lagi kapasitas 32 orang untuk tujuan jakarta.. wuih akhirnya…tapi…tiba-tiba bapak-bapak calo yang tadinya antri dan tau ketika tiket masi ada, dia menyerobot ke depan antrianku, aku mau marah… dan meminta keadilan mau gimana lagi, aku sendirian dan disana aku hanya mahasiswa yang mengadu nasib dikota Malang tak bisa berbuat apa-apa dan berdoa semoga aku bisa mendapatkan tiket untukku dan kedua temanku. Akhirnya… aku bisa mendapatkan tiketnya, dan aku segera ke asrama naik angkot AL untuk bisa siap-siap untuk keberangkatanku nanti.
Aku naik Matarmaja penuh kejenuhan dah… sempit,tak ada ac, jendela kecil, penuh asap rokok, harus was-was, tidak bisa tidur, diganggu pedagang asongan, dan sering berhenti di setiap stasiun-stasiun kecil yang ada di pulau jawa ini. Itu semua harus aku nikmati selama kurang lebih 20 jam, pokoke penuh penderitaan deh..kalo naiak kereta ekonomi, yahh paling asik dikereta ekonomi ini ya… ngluarin sumpah serapah pake bahasa minang mode oN… kan orang-orang yang didalam kereta pada ga tau artinya..hihihi trus.. ngederin lagu-lagu suju, DBSk,SNsd, bigbang etc, bikin lupa dengan keidupan matarmajaku. setalah 20 jam akhirnya sampai juga di Jakarta kota, dan kami telah ditunggu oleh kakak Uni Rika dan uNi oja, Aku ikut uNi Rika karena tempat tanteku sangat jauh dari stasiun senen, sedangkan uni Oja ke Cileduk ke tempat kakaknya. Dan… akhirnya selama seminggu aku menginap di Jakarta.
Kegiatanku di Jakarta… Ya.. mangan turu, nelek pisan, tapi di hari keempat pagi-pagi aku pergi ketempat tanteQ di Jakarta timur. Maklum tempat tanteku sangat jauh dari tempat kakak uni Rika, karena aku orangNya terlampau hemat… dari tempat uni rika aku jalan kaki sendirian sejauh 1 Km ke daerah cempaka Mas, karena disana ada stasiun Busway. Dari sana aku naik, dan aku harus berhenti di Senen dan transit ke jatinegara untuk sampai ditempat tanteku. Oalah… sesampai ditempat tanteku… diriku males banget dah… karena ga ada kegiatan, diganggu orang-orang yang tak jelas, akhirnya aku memutuskan jalan-jalan sendirian ke PGJ en ke Gramed, ya ngadem, trus membelikan titipan sohibQ. Setelah sore aku pulang dan membersihkan diri dan dan meniknamati kuliner ala padang yang tidak pernah aku temukan di Malang. Paginya, aku dibawa tanteku…jalan-jalan ke Ancol… wuh… secara aku paling males ketempat yang rame orang jadi jalan-jalan ke ancol sangat membosankan dah… setelah dari ancol, aku segera pamit sama tanteku untuk balik ke tempat Uni Rika di Sunter. Seperti biasa, kendaraan yang aman bagiku ya Busway, hanya bayar Rp 3.500 aku bisa keliling kota Jakarta seharian. Aku teringat titipan kedua sahabatQ, um… akupun menyempatkan diri belanja di pedagang asongan, secara kualitas barangnya bagus trus murah lagi, dan setelah sampai di cempaka mas aku singgah di PGC. Dan setelah itu aku melanjutkan jalan kaki ke daerah sunter. Tak terasa hari sudah kian berlalu tepat 7 juli aku harus cepat-cepat ke Bandara untuk menyelesaikan liburanku di tanah kelahiranku di Ranah Minang. Aku, uni Rika dan kakaknya berangkat ke CKg di terminal 3 menggunakan taksi. Setelah sampai Bandara kami segera cek in di air asia… secara naik air asia rek…murah pisan… yaop… kan sohibku Tasya yang ngebuking… yah.. akhirnya malah akhirnya mahal juga, gara-gara kepulanganku ke Ranah minang dipercepat hihihi. Tepat jam 11:15 aku bertolak ke BIM dan sampai kira jam 12:35. Sampai di BIm aku segara mengaktifkan hape dan yang penting sohibQ Rama kirim sms selamat datang di Ranah minang trus… langsung Meso-in aku dalam bahasa padang, kemudian aku pamit ma Uni rika dan kakaknya dan segera memesan travel untuk menuju ke pAyakumbuh, yah.. walawpun aku tertipu dengan harga yang sedikit mahal, tapi aku bahagialah.. aku tak sabar lagi bertemu dengan keluargaku dan sohib-sohibku di Payakumbuh. Selama perjalanan menuju payakumbuh aku di telepon sohib-shibQ Rama, Roni en mega, eumm jadi perjalan ke Payakumbuh selama 3 jam jadinya tidak melelahkan, trus bisa es_te-em dari supir travel yang SKSD. Setelah selesai nelpon aku segera menghidupkan MP3Q.. biasalah ngederin suju lagi… soale ketagihan dengar suara euNhyuk…hihi.
Sampai di payakumbuh, aku minta diturunkan di simpang kasda, karena aku terlanjur ilfil dengan supir travel, akhirnya aku di jemput Ibu, sesampai di Ibuh aku ketemu dengan kedua sohibQ Rama en Roni, dan mereka membawakan koperku. Sampai dirumah aku langsung istirahat. Biar hari esok nanti penyakit yang tidak diinginkan tidak menganggu liburannku di Ranah Minang ini…(panek Juo..mancaritoan carito pulang kampuank Ko.. huh.. ko baru pembuka carito… alah sabanyak iko heeeea…klo dicaritoan liburan mungkin sak kamus Bahasa Indonesia ga’ah)
Tiing..ting… Na ka Mulai menceritakan inti dari Liburan Na sebenarnya… hm… yang psti Wenak bgt… soale diriku… sudah bisa melepas rindu dengan keluargaku terutama Papa, Ibu, adikku yang sangat-sangat aku sayangi Fuzun, trus rivalku-adikku siapa lagi kalo bukan katuniak. Saat-saat dirumah… aku menjalani kehidupan sepeti biasanya. Seperti biasa diriku aku harus membantu Papaku, yakni membeli berbagai macam keperluan kedaiku…yang paling utama adalah rokok… dan pastinya juga tentunya dengan demikian bon-on rokok banyak terkumpul didalam saku celanaku, trus juga aku harus membeli minyak bensin ke tangki pertamina 34 liter untuk kios minyakku, pokoknya aku paling senang membantu Papaku, aku sangat senang dengan ketulusan Papa, dia tidak pernah marah dan juga banyak bicara tentang segala sesuatunya…um.. dengan deikian aku sangat senang jika membantu Papa, pokoke aku sayang papa banget dah… dari pada membantu Ibu memasak di dapur aku lebih senang membantu Papa, um… klo diingat jaman dulu aku suka membantu Papaku di sawah atopun diladang, ya… nanam pada juga, memtik cabe, pokeko yang berhubungan dengan pertanian. Trus juga kesibukan selain itu aku harus mengantar adikku les,
Sesampai dirumah… setelah 6 bulan Q tinggalkan keadaan lingkungan sekitar rumah cukup banyak yang berubah, terutama yang mencolok bagiku adalah batang seri di depan rumah karena dahannya yang berdaun rimbun itu dipangkas, trus.. banyak juga pohon-pohon kulit manih disekitar rumahku banyak yang di tebang, yahh aku dan adik-adikku kecewa sekali karena kami semua mencintai yang hijau. Dan juga kolam ikan di belakang rumahkku juga kering, trus sungai kecil didekat kolam juga kering, munkin ini dampak musim kemarau dirumahku sehingga, sungai kecil didekat kolam itu tidak sanggup lagi memenuhi kebutuhan air kolam ikanku, yahh otomatis jamban yang da dikolam juga harus dirumahkan dan dicabut dari sarangnya… padahal aku senang sekali BAB di jamban yang ditemani ikan(hihihihi).
Masalah salero_makanan Rek_ pokoke terpuaskan banget dah…pUas…yah di bandingkan di Malang aku yang paling doyan makan nasi+sambel kacang+pergedel jagung trus sekali-kali makan rawon ato lalapan telur. kalo dibandingkan dirumahku mah… semua yang aku inginkan mah ada. Ga usah disebutin lagi. Dan beratku bertam 6 kilo..hahahaah, hoReeeeeeeee. +berSamBung+……
Nah… ni lanjutan liburan di kampuank nan den cinto,.. hampir setiap hari kulewati bersama sahabat-sahabatku. Apalagi disore hari… setelah aku menjemput adikku les di jalan tembakau (indak paralu pulo den sabuikkan a namo bimbelnyo… beko promosi pulo judulnya hahahaha). Um.., pastinya setelah itu kita bakal pergi malala, en trus… pergi makan miso ayam di dekat Ngalaw. Miso ayam disana harganya juga murah, cukup ngluarin duit 4ribu rupiah trus udah bias makan enak…. En pastinya di area yang pemandangannya indah banget dah… wah.. apalagi ya.. saking banyaknya kegiatan yang kulakukan saat liburan lalu aku jadi lupa… kami mengdakan jalan-jalan bareng IPA 1 (part 1) ke Kapalo Banda… Dan janjiannya kita semua ngumpul di Rumah Cica(yah…meski ngumpul dirumah cica eh… cicanya malah ga ikut).Yang disini neh… seru-seruan en keren banget dah… meski air sungai kapalo banda ga sebanyak yang kami datangi dahulu ketika waktu kelulusan SMA. Nak-anak Ipa 1 yang ikut pas waktu itu lumayan anyak…apalagi ipa 1’ers yang notaben rantau. Kalau tidak salah kami menyewa lima rakit dengan Merk YoNa made in Kapalo Banda sekedar promosi… penyewaan Yona bukan hanya menyewakan rakit saja tapi ada juga beneN. Disana kami lomba pacu rakit-rakit… yang pastinya seperti yang telah lalu-lalu anak kendor-kendor yang memegang peran untuk menang, yang paling kincit adalah Rahasia Ilahi… ya eyalah… kalo anak kendor-kendor lagi memacu rakit pasti penuh gelak tawa en banyak mendramatisir keadaan. Sedangkan rahasia Ilahi mendayung rakit dengan do’a doa…hahahha (buat RI bcanda dink!). dalam mendayung rakit kami sangat kompak, ada yang basah kuyup… karena didalam tasku ada berbagai macam barang penting yang dititipkan seprti hape, uang, dan pokoke yang penting2 lah… kalo aku tercebur ke dalam air tentu saja diriku yang diselamatkan terlebih dahulu, yah… pemikirannya diriku seperti itu, tetapi masalahnya barang berharga kepunyaan yang ada didalam tasku bukan milik makhluk yang serakit denganku, tatapi milik anak-anak kaper,sedangkan yang serakit denganku… malah cuek saja dengan apa yang aku bawa… dan mereka malah mencemaskan genk rahasia ilahi, karena mereka pikir anak-anak rahasia ilahi tidak bakalan ikut mendayung rakit tapi ternyata kenyataannya… anak rahasia ilahi yang punya semangat gila untuk berakit-rakit kehulu dan berenag-renang ketepian… Kalo ada apa-apa dengan rakit anak-anak rahasia ilahi anak kendor-kendor pasti syock-syock dengan keadaan tersebut, pokoke.. lucu-lucu banyak dahh… trus kita juga foto-foto… tapi sayangnya pada saat itu temen-teman yang dirantau masi banyak juga belum pulang trus ada juga yang ga bias ikut, jadi kurang mantap sedikit… tapi masi ada jalan-jalan bareng IPA 1’ers Part 2.
Hari-hari biasa ku lalui adalah maen kesekolah, uh… disekolah..jambu-jambu pada banyak yang berbuah juga sekalian kita ngospot, secara klo di cafla doepa donlot cuepat bangud, apalagi ngedonlot yang di youtube… yah nyempatin donlot all about suju (secara katanak udah mulai gila dengan suju). Trus juga berenang dibatang tabit, bertemu Boediyono eh Boediyola, kali pertamanya Roni bertemu denga M Rido MP(LILIS red.) mancantik di gang kecantikan, kerumah pohon si Rama ,kerumah marakak dadak dan menikmati berbagai kuliner yang wenak-wenak (makan pangsit labuah basilang sambia mamanggakkan baso jawa hehehe). Nah… klo pas makan pangsit di labuah basilang sohibQ yang satu ini siapa lagi kalo bukan Roni, dia pasti sibuk praktek bahasa jawa yang telah dia pelajari sewaktu di Batam (berharap nanti pangsitnya bisa dikasi garatis, biar dikira orang sekampung). Wahh.. yang disini lucu-lucu banget dah… si tukang pangsit ga bisa ngelawan bahasa jawa Roni yang jawa tapi ala minang…pokoke tombo teko loro kabeh!
Trus juga kita ngerayain ULtah sohib kami Roni Kurnia yang ke 19 tepat saat kakakNya cica Baralek, jadi di pesta pernikahan Kakaknya Cica kita sekalian kasi dan dan ngucapin selamat lewat Orgen. Tampaknya Roni sangat terharu dan bahagia sekali atas kejutan, semua anak IPA 1’ers yang datang mengucapkan selamat ulang tahun kepada Roni.
Kalo dirumah segala rencana sudah kita persiapkan dengan matang, apalagi mengenai ngasi kejutan ke Rama(tasya mama kendor Qta), sewaktu kami msih dirantau, Q di malang, roni di batam, HAndri di Makassar, kita sudah punya rencana pasti. Karena Rama sudah baik bangud sama kita, dia yang ngurus segalanya, ngasi semangat kekita, apalagi dia selalu ribet ngurus tiket-maniket (promo n ngebuking) kepulangan kita, bukan hanya ke anak kendor saja dia berlaku demikian tetapi juga pada anak-anak lain juga, pokoke tak pandang bulu, pokoke dia layaknya Ibu suri Qta dahhh. Awalnya kami bakal kasi kejutan pas saat Handri sudah kembali dari Makassar, tapi gagal, karena waktunya belum pas, dan planingnya kita harus bikin Rama sakit hati dengan kita, apalagi ketika kepulangan si Handri agar Rama menganggap si Handri sebagai parasit (ondeh…kagok den dek nulis namo nak-nak kendor ko pake namo asli hah), untuk bikin si Rama sakit hati, Qta ngga ngajak main bareng trus ngupdate status FB mengenai… asyikknya jalan-jalan Qta b3, pokoke selama 1 minggu full… eh nyatanya ga berhasil juga, jadi kami ngasi kejutannya jadi tertunda-tunda.
Nak-anak IPA 1’ers punya permintaan lagi neh… mengenai jalan bareng ipa 1 Part 2, karena menurut IPA 1’ers kita harus ngadain acara lagi sebelum kita semua pada pisah apalagi anak-anak yang pada kul di ITS mo pada alik ke Surabaya. Akhirnya kita semua sepakat kumpul n rapat di sekolah. Semua yang dibutuhkan tentang jalan-jalan IPA 1’ers telah ditetapkan dan yang ditunjukkan jadi panitia kesibukan adalah anak kendor-kendor( pokoke STM ajo). Kita sepakat pergi ke wilayah solok-alahan panjang- kebun teh, danau diateh eh bawah, sarimanggis. Pokoke intinya kita menghindari tempat keramaian dan menikmati alam ranah minang. Dan pelakasanaannya tanggal 4 agustus mengingat nak-anak Surabaya pada balik tanggal 7. Dan tercatat yang ikut adalah sekitar 25orang.
Anak-anak kendor sebagai seksi kesibukan disetiap kesempatan IPA 1’ers, yahh sudah pasti sibuk mencari bus yang akan di carter, kamipun sudah mengelilingi Payakumbuh untuk mencari bus yang nyaman dan murah, tapi belum ada juga yang pas, dan kemudian aku dan Ibuku berusaha akan meminjam bus Perhubungan kab 50 kota, sewaktu pergi dengan Ibuku… dinas perhubungan tersebut setuju dengan peminjaman tersebut dan telah mencatat tanggal kami akan meminjam, dan aku disuruh membuat surat surat permohonan peminjaman, akupun juga setuju melihat kondisi bus dan biaya peminjamannya jauh lebih murah. Besoknya aku dan Rama pergi ke tanjung pati untuk menyerahkan surat peminjaman tersebut, dan akhirnya malah ga disetujui karena kami dalam meminjam tidak memiliki legalitas, padahal sewaktu pergi dengan ibuku… telah disetujui. Akhirnya sebagai seksi kesibukan anak-anak kendor mulai tambah sibuk dan panic, dan berpikir bagaimana rencana jalan-jalan bareng IPA 1’ers ini bias berjalan lancar, belum lagi nak-nak kendor harus menagih iuran jalan-jalan dor to dor kerumah teman-teman ipa 1. Dan akhirnya kami samati-mati aka kami akan menyewa bus Bahagia (ga pake ac+full music), yang sebagai mana yang telah kita lakukan sewaktu di kelas X.9 dulu, yang semboyannya,, walaw masuk jurang tapi tetap bahagia. Kamipun segera bertolak meminjam Bus Bahagia yang kebetulan yang punya bus itu adalah ayah temanNya adikku Katanak (yah,,,bisa dinego Lah,…) akhirnya perjuangan mendapatkan bus berahir, tapi semua cobaan itu belum juga berhasil, mengingat sebentar lagi tanggal 1 agustus yakni ada teman-teman dari IPA 1’ers yang ikut SNMPTN, yang komitmennya ga bakalan ikut jalan2 part 2 kalo ga lulus, wadowh… anak-nak kendor2 suangat cuemaS bangud, karena Roni salah satu sang seksi kesibukan dalam acara jalan-jalan ini juga terbelenggu dengan hal itu. Kami berusaha meyakinkan Roni dia pasti bisa pasti,…HARUS ! HArus LULUS(like semboyan IBuQ. Di tanggal 31 kami..( Q, Mega, Roni, Handri n Rama) maen disekolah sore itu, yahh ngambil jambu yang lagi ranum di depan IPA 1 kita. Sementara itu Roni sudahhh sangat syock sekali menunggu pengumuman jam 18:00 wib nanti di situs ITB,UI,UNDIP etc… jam 18:00 sudah menghampiri kita semua, segera,.. Rama dan Handri Online di hape masing-masing untuk mengetahui hasil masa depan Roni, sementara Roni jantungnya melebihi ke_syockkan dirinya, mega dan aku terus memberi semangat Roni dia pasti Lulus! Akhirnya… penantian kita semua usai… alhamdulilah… si Rama dan Handri keluar dari mulut mereka penuh bahagia..(sok2 rahasia Ilahi…padahal sumbayang ashar ajo Indar tu tadi) selamat Roni Kurnia anda LOLOS, Ronipun segera sujud syukur dihadapan kami semua, tapi kita belum tahu Roni lolos dimana, karena berupa kode, yang Roni Ingat dia mengambilnya di UNRI, Brawijaya, dan di Bengkulu, dengan kode awal yang tertera di internet 19 tersebut akhirnya berkeyakinan lolos di Pilihan pertamanya yakni di UNRI jurusan Adrimistrasi Niaga (jurusannyo samoo jo Rama soale si Roni berharap nantinyo inyo bisa minjam buku anak UNPAD).
Malam harinya Roni ingin merayakan kelulusannya dan ia dulu sudah janji bakal ntaraktir kami, aku tidak bisa ikut karena berhubungan adikku juga sedang berkabung, karena dia belum berhasil di PTN pilihannya, tapi karena adikku Katanak bermental baja dia tidak patah semangat dan dia siap menunggu satu tahun lagi untuk duduk kuliah di Universitas Indonesia amiennn. Akhirnya malam tanggal 1 agustuskami merayakan kelulusan Roni di Abu Nikmat(bekas Bang Totok red), aku juga mengajak Katanak dan mentraktir dia agar rivalku ini juga bisa ikut menikmati kebahagiaan kami atas LULUSnya Roni di ANI Unri… disana kami seperti biasa…bercanda,,foto-foto, abis itu keliling kota Payakumbuh nan indah, tyus… DDR di timezone, trus… foto-foto di tengah malam kota Payakumbuh by fotografer andalan Qta Katanak. Hm… hari itu adalah hari bahagia kendor-kendor… karena semua alMaMater Kendor-kendor bisa Jebol di SNMPTN, dan tentu saja Kami semua bakal Ikut acara jalan-jaLan IPA 1 part 2…sebelum jam 9 malam kami harus sampai dirumah dan istirahat karena besok Kita bakal kerja keras lagi untuk nagih iuran doR-doR to Dor kerumah Sobat IPA 1’ers.
Cobaan kembali datang, beberapa sobat IPA 1’ers yang apada awalnya semangat untuk ikut jalan2 bareng Part 2 tidak bisa ikut karena beberapa alas an, yakni ada yang harus mempersiapkan kuliahnya, trus yang paling parahnya karena kami sangat ManenGGang anak-anak yang kuliah di Surabaya akhirnya mereka tidak bisa ikut dengan alas an tidak diizinkan oleh orang tUa yang mereka harus mempersiapkan diri untuk tanggal 7 kembai ke Sby. Ondeh Mati… Mati den! Lah banyak urang nan bakurang tingga 20 urang nan pasti ka pai lei. Anak kendorpun sudah patah semangat karena sudah sekian lama bekerja keras untuk jalan-jalan part 2 ini agar berjalan lancar. Dengan 20 orang seaadanya… kami siap menunggu tanggal 4 agustus, acara ini tidak bisa dibatalkan karena kita sudah keburu Memanjar Bus BAHAGIA.
Tanggal 3 agustus kami melakukan persiapan untuk memberikan kejutan pada sohib kami Rama, yang rencana awal kita tadi harus terlaksana nanti pas di di tepi danau. Segala hal yang dibutuhkan untuk kejutan kami persiapkan, trus bikin coretan rasa terimakasih kami di kain putih, trus juga ada hadiah kendornya en hadiah asli. Nanti pasti bakalan seru. Malamnya Roni menghubungiQ dan kami akan melaksanakan drama yang bakal bikin Rama syock… yakni dengan mendadak Roni harus tidak bisa ikut acara jalan2 IPA 1 part 2 karena harus segera cepat-cepat ke pekanbaru untuk mengurus segala hal yang diperlukan untuk kuliahnya with alasan kuat berhubungan dengan amaknyo en Nenek Pekanbaru, dan kemudian akau menghubungi Handri untuk ikut dalam Drama kami dan supaya tutup mulut berusaha cuek. Dan ramapun mengikuti alur cerita drama kami, yang pada awalnya dia tidak percaya, dan pura-pura menelpon Ibunya Roni, untung dirikuku tidak tidak terpengaruh,..dan mudah2..an drama kami berhasil. En tiba-tiba aku mendapatkan sms dari Rama, katanya Atika si Dokter Kecil ntu ngga bisa ikut besok karena dalam keadaan sakit, Ondeh.matilah…Atika tu…belum byar cuy…Tekor kasudahan ko…
Pagi-pagi tanggal 4 agustus tersebut aku bangun pagi-pagi dan kami sudah janji bakal bawa nasi dari Rumah dibungkus daun pisang, akupun segera pergi ke Halaman belakang Ante Baranak Kuciang untuk mengambil daun pisang, setelah itu… aku Mendiangkan daun pisang itu di atas api, sedangkan katanak sibuk mempersiapkan nasi yang akan kami bawa nanti. Setelah semua persiapan lengkap kurang dari jam 7 aku berangkat dengan Sago ke tempat janjian kita semua kumpul. Setelah sampai disana, beberapa teman sudah banyak yang datang, aku melihat hidung besar Tiara, Dhini,Ario, Handri, Irma, azari, Bulex,Rama, Bani, arini, mega,mira dan mereka sibuk mebicarakan tentang Roni yang ga jadi pergi. sedangkan aku sangat cemas menunggu kedatangan Roni, smsQ tak dibalas,.. akhirnya aku berinisiatif menunggu Roni di di depan masjid Muhamadiyah. Disana aku sudah bertemu dengan Roni, agar drama kami berjalan lancar agar tidak ketahuan Rama, kamipun naik sago kea rah Bus,.. aku dan Katanak berusaha ngumpetin Roni ketika sago melewati kumpulan anak2 ipa 1’ers. Setelah sampai di Bus aku segera membayar sago cukup 500rupiah ber3, karena jaraknya cumin Kira2 150m. Roni segera mengambil posisi duduk paling depan dibelakang sopir agar nanti tidak ketahuan oleh Rama. Aku, roni, Katanak sudah berada di Bus, kemudian, tiba-tiba cica datang diantar kakaknya, akupun menyuruh cica tutup mulut, sementara nak2 ipa 1’ers yang lain masi menunggu satu orang lagi, yakni Bang Wahyu, dia belum juga kelihatan batang hidungNya, akhirnya karena kami sudah menunggu 1 jam, kamipun segera berangkat ke tempat tujuan (Untuang Bang wahyu alah mambayia jadi kami ndak TeKOR dowh!). Drama kami berjalan lancar, Ronipun mengirim sms kepada Rama selamat Jalan-jalan… untung si Rama duduk di belakang, dan dia tidak tahu apa yang terjadi dibelakang kursi paling depan, aku, Mega, Katanak, cica dan Roni asik-asik menikmati hasil drama kami, sedangkan Handri dari belakang mengintip ke depan dan ikutan asik2 menikmati drama kami. Nun jauh di Belakang nampaknya Rama sedih dengan ketidak ikutsertaan Roni dalam acara ini…hahaha
Ketika nyampai di Batusangkar Roni sudah tak tahan lagi, dan ia ingin menyudahi Drama ini, dan ia menampakkan wujudnya pada Rama, Rama benar-benar syock… dan matanya berkaca-kaca melihat Roni…sepertinya dia sangat Bahagia…hahahaha tapi itu belum kelar… nanti pas di tepi danau kami akan menambah kejutan lainnya. Dan kita harus berhati-hati, pokoke jangan sampai ketahuan Rama, karena kita bakal kejutan lagi, karena si Rama tingkat tinggi, eh,,, bener…karena Q ga hati2 membuka tasQ, Rama melihat kado dalam tas, dan aku, Roni, handri di bantu Katanak mempertahan argument kami,..dan sepertinya si Rama sudah ke-GR-an..
Sesampai di di tepi danau IPA 1’ers langsung foto-foto secara pemandangannya indah bangud euy,,.trus… kita makan bareng rame-rame di tepi danau, trus… cuci tangan bareng di air danau… uihh airnya jernih en dingin euy.. trus lagi… dilanjutin foto-foto, foto di sampan, pokoke foto-foto seruan2 dah… untung aku ngeBawa Katanak si Fotografer handal kita.
Setelah puas di area danau kami ke kebun teh… disana kami hanya foto-foto saja, tapi yang lucunya, Roni sibuk berfoto adegan panas sendirian dengan hapeny di kebun teh, hal itu membuat teman2 IPA 1’ers semua pada tertawa terpingkal2. Dikebun teh kita foto bareng lagi with forgrafer Katanak. Perjalanan kita sebenarnya melelahkan tetapi wenak banget dah… karna badan seRasa capek, jadi kami berencana menenangkan badan kami di pemandian air hangat… Oalah…. Yang disana ga usah dicaritoanlah… kami menganggap disitu Neverland… biko klu dicaritoan… tagak Pulo undang-undang Pornografi… akhirnya kita ga jadi rilex disana, dan kami harus memutar balik jalan menuju sari manggis, sedangkan sohib-sohib kendorQ tiok sabanta Update status mengenai jalan2 ini, dengan tujuan untuak mamaneh2an orang2 yang ga ikut trus… yang pada menikmati semester pendek..hahaha kasian bangud yang ga ikut dahhhhhhhhhhh.
Di sarimanggis, nak2 cowok semua pada mandi, sedangkan yang cewek yang mandi Cuman Katanak ma Arini. Karena masuk ke sari manggis bayar dan akupun ngga mau rugi, aku pergi ketengah kolam, maen air,,hehehehe, akhirnya Mega, Cica, en Dhini mengikuti jejakQ, kami disana foto-foto, en trus… anak-anak yang pada berenang di kolam pada maen kejar-kejaran. Disitu.. semua anak cowok2 keliatan pada kompak bangud dah… buat temen2 …yang ga ikut liat aja foto2nya di FB temen2 yang ikut jalan ipa 1”ers part 2. Setelah dingin-dingin mandi kamipun segera bersiap untuk pulang… dan sepertinya ini yang paling berkesan, semuaNya ada di Ranah MInang.
Hari-hari selanjutnya kami habiskan menikamti kota Payakumbuh, teman2 IPA 1’ers sudah banyak yang kembali ke Rantau untuk menikmati kuliah mereka disemester ini. Dan Ronipun harus segera berangkat ke Pekanbaru untuk memenuhi registrasi dan mengikuti OSPEK. Rasanya Payakumbuh sangat sepi kehilangan satu soulmate saja… hari-haripun berlalu, tanggal 17 agustus semakin dengt disaat orang-orang merayakan kemerdekaan aku harus mengakhiri kemerdekaanku dari liburan ini. Dan mega n Rama sudah janji ngetraktirQ sebelum pergi, emmm akhirnya di traktir di Soto Che..heheheh. Di hari terkhir Liburanku 2 soulmateku yang tersisa Rama n Handri memberikan kejutan padaku, mereka membawakan 2 buah durian ke rumah, karena waktu dulu aku pernah berucap dihadapan mereka “sebelum diriku pergi ke Malang lagi aku harus makan durian!” wah… padahal.. aku hampir lupa akan hal itu, untung SoulmateQ ingat dan aku bisa mencicipi rasanya durian disemester ini. Setalah makan durian, Bumi Ranah Minang Di Hoyak “Gempa”, kami semua di bikin syock. Dan langsung Update status…hihihi
Sorenya kami akan touring payakumbuh, trus makan, trus..juga ngebuking travel buat akau ke Bandara besok. Eh… ternyata Rido juga ikut (LILIs) karena kami juga berencana untuk mempertemukan Handri dengan Rido untuk yang pertama kalinya. Wah,… emang dasarnya si Lilis pemain mimpi2 ampi… di dunia maya imejNya sebagai gadis Pacaruik…tapi kenyataan seperti gadis desa yang pendiam suka mandi kesungai. Trus… Qta Otw… makan pangsit,trus..ngebuking travel, en DDR di timezone. Aku tak mau terlalu malam pulang, soalnya juga adikku Fuzun sudah merengek untuk pulang. Dan aku harus mempersiapkan keberangkatanku besok pagi.
Jam 10 tanggal 17 agustus, semua barangku sudah siap, sohib-sohibku(Handri,Rama, Ario,Cica) pada datang kerumah untuk melepas kepergianQ, setengah 12 travel sudah datang menjemputQ. Aku segera menyalami IBu, Apa, adikku Katanak… aku bilang Itte Kimassu, trus,, adikku FUzun, sepertinya dia sedih bangud, tyus… sohib2Q… yahph… sampe ketemu semester depan… Miss U aLL…+^0^+ video