Pages

Senin, 12 Oktober 2009

teori dan model pembelajaran


1. Teori Konstruktivis

@ Teori Konstruktivis adalah suatu teori belajar yang menekankan bahwa para siswa sebagai pebelajar tidak menerima begitu saja pengetahuan yang mereka dapatkan, tetapi mereka secara aktif membangun pengetahuan secara individual menurut Carin (dalam Iskandar, 2001).

@ Menurut Von Glasersfeld (dalam Suparno, 1997: 18) konstruktivisme adalah salah satu filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan kita adalah konstruksi (bentukan) kita sendiri. Pengetahuan itu dibentuk oleh struktur konsepsi seseorang sewaktu berinteraksi dengan lingkungannya

@ Hakekat dari teori konstruktivis adalah ide bahwa siswa harus menjadikan informasi itu miliknya sendiri (Nur dan Retno,2000:2).

2. Transformational

Transformatif belajar pada dasarnya adalah jenis pembelajaran yang kita lakukan ketika kita membuat makna dari kehidupan kita.. Ini menjadi topik yang sangat populer dalam pendidikan orang dewasa karena tidak hanya melibatkan kelas belajar - ini melibatkan belajar tentang kehidupan kita.. Hal ini penting karena sebagai orang dewasa, arti proses pembuatan dapat mengubah segalanya tentang bagaimana kita melihat di tempat kerja, keluarga, dan dunia.

3. Model of teaching

Fokus dari metode-metode yang berhubungan dengan kategori ini adalah pada keterampilan dan perilaku yang diamati. Metode ini umumnya terbukti lebih cenderung berdampak positif skor tes standar keterampilan dasar dari model di kategori yang lain

- Instruksi langsung - sangat terstruktur, guru-diarahkan; maksimalisasi waktu belajar mahasiswa

- Penguasaan Belajar - diberikan cukup waktu dan kualitas pengajaran, hampir semua siswa dapat menguasai tujuan setiap himpunan

0 komentar:

Posting Komentar