Pages

Rabu, 13 Mei 2009

Catatan Belajar PembelajaranQ

BELAJAR PEMBELAJARAN
1.pengertian
1. belajar
Higrad dan Bower
Belajar :
- Memperoleh pengetahuan melalui pengalaman
- Mengingat
- Menguasai pengalaman
- Memperoleh informasi
Belajar -> ada aktivitas / kegiatan penguasaan tentang sesuatu
Morgan Dkk
Belajar -> perubahan tingkah laku yang relayif tetap dan terjadi sebagai hasil pelatihan/pengalaman
Soekamto dan Winanta putra
Belajar -> perubahan dalam pemahaman, perilaku, persepsi, motivasi/ gabungan dari semuanya
Kesimpulan :
• Ahli psikologi
Belajar sebagai pbentuk perubahan yang dapat diamati dan dilihat
• Ahli Pendidikan
Proses perubahan manusia manusia kearah tujuan yang lebih baik dan bermanfaat bagi diri sendirinya maupun oranglain
2. Ciri-ciri orang belajar
a. belajar ditandai adanya perubahan dan tingkah laku
b. perubahan tingkah laku relative permanen
c. perubahan tingkah laku bersifat potensial
d. perubahan tingkah laku merupakan hasil latihan/pengalaman
e. pengalaman membrik dorongan untuk mengubah tingkah laku
3. prinsip dasar belajar
a. siswa harus aktif belajar
b. siswa belajar sesuatu kemampuan
c. belajar berlangsung dengan baik bila mendapat penguatan langsung selama proses belajar
d. penguasaan yang seprna setiap langkah akan membuat proses belajar lebih bermakna
e. motivasi belajar meningkat bila diberi tanggung jawab dan kepercyaan penuh atas belajaranya
4. Proses belajar
-> serangkaian aktiitas yang terjai pada pusat syarf individu yang belajar
Proses belajar dapat diamati jika perubahan tingkah laku dari seseorang dalam hal :
- pengetahuan
- efektif
- psikomotorik
Menurut Edgne, proses belajar disekolah melakui fase-fae sbb:
- tahap motivasi+keingiinan siswa untuk melakukan kegiatan belajar
- tahap konsentrasi : siswa memusatkan perhatian yang telah ada pada fase motivasi
- tahap mengelola : siswa menan informasi yang diterima dari guru dalam share term memory, kemudian mengolah informasi untuk diberi makan berupa sandi2 sesuai penangkapan masing2
- tahap penyimpanan : siswa menyimpan symbol-simbol hasil olahan yang telah disimpan dalam Longtern memory (LTN) gudang ingatan jangka panjang
- tahap menggali 1 : menggali informasi yang telah disimpan dlam LTM ke STM untuk dikaitkan dengan informasi baru yang diterima
- tahap menggali 2 : menggalai informasi yang telah disimpan dalam LTM untuk persiapan tahap prestasi baik langsung maupun tak angsung melalui sTM
- tahap prestasi : informasi yang telah digali sebelum digunakan untuk menunjukkan prestsi yang merupakan hasil belajar
- tahap umpan balik, siswa memperoleh penguatan saat perasaan puas jika prestasinya jelek
5. Faktor yang mempengaruhi proses belajar
@ Faktor Internal
a. fisiologis
- kedalam jasmani
- fungsi jasmani
b. psikologis
- kecerdasan
- motivasi
- minat
- sikap
- bakat
@ Faktor External
a. lingkungan social sekolah
b. lingkungan social masyarakat
c. lingkungan social keluarga
lingkungan non social
a. lingkungan alamiah
b. factor instrumental
c. materi pelajaran
jenis-jenis belajar : bentuk
fungsi psikis
• Belajar Dinamik
Dorongan belajar dengan rajin sehingga dapat sehingga dapat menyelesaikan kuliah dalam waktu sesingkat mungkin
• Belajar afektif
Belajar menghayati nilai dari obyek yang dihayati melalui alam perasaan, belajar mengungkapkan perasaan dalam bentuk ekspresi yang wajar
Obyek berharga = senang
Obyek tidak berharga : tidak senang
• Belajar Kognitif
Belajar memperoleh dan menggunakan bentuk repsentasi yang mewakili obyek yang mewakili obyek2 yang dihadapi

Ada 2 aktivitas kognitif
- Mengingat : orang yang menyadari bahwa pengetahuannya berasal dari masa lampau / kesan yang diperoleh pada masalampau, atau mengenal kembali=rekognisi dan mengingat kembali repoduksi
- Berpikir : dalam aktivitas berfikir manusia berhadapan dengan obyek hadir dalam bentuk represntasinya : tanggapan, konsep dan lambing verbal
• Belajar sensi motorik
Belajar menghadapi dan menangani obyek secara fisik. Dalam belajar ini, aktivitas mengamati melalui alat indra maupun bergerak dan menggerakkkan memegang peranan penting
Bentuk Belajar=materi yang dipelajari
• Belajar teoritis
Menempatkan semua data dan fakta dalam suatu organisasi mental sehingga dapat dipahami dan digunakan untuk memecahakan masalah (Bs Ilmiah)
• Belajar Teknis
Mengembangkan keterampilan dalam menangani dan memegang benda-benda serta menyusun bagian-bagian materi menjadi suatu keseluruhan
• Belajar Bermasyarakat
Mengkang dorongan + kecendrungan spontan kehidupan bersama
• Belajar Estetis
Membentuk kemampuan menciptakan+mengahayati keindahan diberbagai bidang kesenian
Bentuk-Bentuk Belajar
- Otomatism
Belajar keterampilan motorik dan kogitif, cirinya : otomatisasi sejumlah rangkaian gerak-gerik yang terkoodinasi satu sama lain
- Incidental
Belajr tanpa mempercayai intense / mempelajari senam
- Menghafal
Menangkap materi verbal dalam ingatan sehingga dapat diperoleh dikemuadian hari
- Pengetahuan
Mengetahui berbagai data tentang kejadian, benda dan orang-orang
- Artikata
Menangkapa arti yang terkandung
- Konsep
Orang mengadakan antraksi : obyek-obyek yang meliputi benda, kejadian dan orang hanya ditinjau dari aspek-aspek tetentu saja
- Problem
Belajar memecahkan masalah melalui pengamatan orang dihadapkan pada suatu masalah yang harus dipecahkan dengan berbuat sesuatu , pemecahan masalah adalah tujuan yang harus dicapai, namun tindakan yang ahrus diambil belum diketahui dan masi ditemukan dengan pengamatan yang diteliti dan reorganisasi unsu-unsur dalam masalah
- Berpikir Orang dihadapkan pada masalah yang harus dipecahkan tanpa melalui pengamatan da reorganisasi dalam pengamatan. Masalah harus dipecahkan melalui operasi mental (menggunakan konsep dan kaidah metode tertentu)
- Belajar untuk belajar
Namapak jelas dalam belajar disekolah bila diaamati adanya perbedan antara siswa dalam kemajuan belajar
- Dinamika
Bentuk belajar ini sangat complex dan menyangkut umber-sumber energy psikis yang sudah merupakan bahan dasar yang memberikan kekuatan dan dorongan kepada orang untuk melakukan aktivitas belajar
Sumber energy psikis : kemajuan sikap, motivasi dan perasaan. Dalam belajar dinamik bentuk kemauan, sikap, motivasi dan modalitas perasaan, semuanya mengambil bagian dalam pembentukan watak.
8 Tipe Belajara (Gagne)
1. Belajar signal : memberikan realesi pada rangsang
2. Belajar perangsang-reaksi dengan penguatan /peneguhan : memberikan reaksi pada peransang
3. Belajar mementuk rangkaian gerak-gerik : menghubungkan gerak yang satu dengan yang lain
4. Belajar asosiasi verbal : memberikan reaksi verbal pada suatu stimulus
5. Belajar Diskriminasi yang jamak : membrikan reaksi yang berbeda pada stimulus yang mempunyai kesamaan
6. Belajar konsep : menempatkan obyek dalam kelompok tertentu
7. Belajar Kaidah : menghubungkan beberapa konsep
8. Belajar memecahkan maslah : menggabungkan beberapa kaidahmenjadi prinsip permasalahan
Factor-faktor memPenGaruHi pRoses belajar dalam PemBelajaARan
- Motivasi : kecenderungan emosi yang mengantar / memudahkan peraihan sasaran
• Dorongan prestasi : dorongan untuk menjadi lebih baik
• Komitmen : menyesuaikan diri dengan sasaran kelompok
• Inisiatif : kesiapan untuk memanfaatkan kesempatan
• Optimisme : kegigihan dalam memperjuangkan sasaran, kendati ada tantangan
- Perhatian :
- Persepsi
- Ingatan
- Referensi
- Transfer
- Kondisi
- Umpan balik

0 komentar:

Poskan Komentar