Pages

Rabu, 26 November 2008

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PADA USIA REMAJA

Tugas Pekembangan Peserta Didik
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
PADA USIA REMAJA


NAMA KORESPONDEN:
1. Arif Lukito
Umur: 15 tahun
2. Irwan Adi Cahyadi
Umur: 15 tahun
3. Debby Hermawan
Umur: 15 tahun
4. Aditya Airlangga
Umur: 14 tahun
5. Bagus Pahlevi
Umur: 14 tahun
6. Astri Hani Shabrina
Umur: 14 tahun
7. Gracilia Putri Jauhari
Umur: 15 tahun
8. Karin Qinta Dewi
Umur: 13 tahun
9. Nimas Aminah
Umur: 15 tahun
10.Putri Nadia Farisa
Umur: 15 tahun

PERTANYAAN:

A. Menurut Anda, kecerdasan apa yang paling menonjol dalam diri Anda?
B. Bagaimana dengan keterampilan Anda dalam berkomunikasi?
C. Apakah Anda suka musik? Kenapa Anda suka atau tidak suka musik?
D. Apakah Anda menyukai pelajaran matematika atau fisika maupun pelajaran lainnya
yang menggunakan hitungan? Apa alasannya?
E. Apakah Anda suka dengan seluruh pelajaran yang diberikan? Jika tidak pelajaran apa
yang paling Anda tidak sukai?
F. Apakah Anda temasuk anak yang aktif dalam diskusi kelas? Sebutkan alasannya!
G. Ke manakah minat Anda setelah lulus dari SMP?

HASIL WAWANCARA:
1. Arif Lukito
a. Kalau menurut saya, kecedasan yang saya miliki itu yang berhubungan dengan pola, diagram, ukuran, bentuk-bentuk, dan posisi-posisinya.
b. Saya itu orangnya sulit berkomunikasi dengan orang yang belum saya kenal. Maksudnya kalau bertemu dengan orang baru saya itu merasa tidak tahu apa yang harus dibicarakan. Tapi kalau dengan orang yang saya kenal saya bisa berbicara dengan lancar.
c. Saya suka sekali dengan musik, karena musik bisa mengekspresikan perasaan kita dan bisa menjadi tempat alternatif untuk mencurahkan semua perasaan.
d. Saya lebih menyukai pelajaran matematika karena matematika merupakan dasar dari semua pelajaran berhitung.
e. Tentu saja tidak semua pelajaran saya sukai, pelajaran yang paling tidak saya sukai adalah pelajaran bahasa. Karena pelajaran bahasa biasanya banyak menulis atau membuat makalah. Terlalu banyak dan rumit yang dipelajari sehingga cepat bosan.
f. Saya termasuk anak yang tidak aktif di kelas, karena saya kalau berbicara dengan orang banyak serasa lupa semua apa yang akan dikatakan. Tetapi kalau hanya sebatas kelompok saya berani memberikan pendapat.
g. Saya akan ke SMA untuk melanjutkan ke bangku kuliah dan mungkin mengambil jurusan teknik

2. Irwan Adi Cahyadi
a. Kalau menurut saya, kecerdasan yang menonjol dalam diri saya adalah mudah untuk menerangkan dan menangkap konsep-konsep dalam bentuk kata-kata.
b. Menurut teman-teman saya, saya termasuk anak yang mudah bergaul karena setiap orang yang baru saya kenal merasa enak berbincang-bincang dengan saya.
c. Saya suka dengan musik, karena dengan mendengarkan atau memainkan musik kita bisa rileks.
d. Saya kurang suka dengan semua pelajaran berhitung, karena saya tahu kelemahan saya adalah kurang cepat dalam menangkap konsep-konsep dalam bentuk angka.
e. Tentu ada pelajaran yang tidak saya sukai, pelajaran yang tidak saya sukai adalah fisika karena terlalu banyak rumus yang harus dihafal.
f. Saya termasuk anak yang aktif di dalam diskusi kelas, karena dalam kelompok saya biasanya yang ditunjuk menjadi juru bicara atau menjawab pertanyaan.
g. Saya akan ke SMA kemudian mungkin akan mencoba menjadi tentara AD atau AU.

3. Debby Hermawan
a. Kalau menurut saya, kecerdasan yang paling menonjol dalam diri saya adalah bakat tentang prinsip-prinsip IPA, tata kerja mesin, perkakas dan alat-alat lainnya.
b. Saya tidak pernah membeda-bedakan orang jadi saya termasuk anak yang mudah berkomunikasi dengan orang lain tanpa ada rasa canggung.
c. Saya suka dengan musik, karena musik bisa mewakili suasana hati kita. Hal itu saya buktikan dengan membentuk band dengan teman-teman saya.
d. Saya menyukai fisika, karena menurut saya menghitung itu tidak perlu menghafal hanya perlu sering latihan sehingga rumus bisa hafal dengan sendirinya. Sedangkan menghafal perlu kerja keras otak untuk mengingat dan harus membaca, saya tidak terlalu suka membaca.
e. Ada pelajaran yang tidak saya sukai, pelajaran yang tidak saya sukai adalah biologi, sejarah, dan geografi. Semua pelajaran tersebut membutuhkan waktu untuk membaca
dan banyak yang harus dihafal.
f. Saya termasuk anak yang tidak terlalu aktif dalam diskusi kelas, tetapi bila ada topik yang membuat saya tertarik saya biasanya aktif dalam bertanya dan memberikan opini.
g. Saya akan ke STM kemudian melanjutkan kuliah di jurusan teknik mesin.
4. Bagus Pahlevi
a. Kalau menurut saya, kecerdasan yang paling menonjol dalam diri saya adalah menerangkan dan menangkap konsep-konsep dalam bentuk angka-angka.
b. Saya biasanya kesulitan berkomunikasi dengan orang yang baru dikenal karena saya tidak mudah bergaul dan mudah tersinggung.
c. Saya suka musik, karena musik bisa membuat kita senang dan nyaman.
d. Saya sangat menyukai matematika dan fisika karena kedua pelajaran tersebut sangat
menantang untuk dipelajari.
e. Ada pelajaran yang tidak saya sukai yakni bahasa karena selalu banyak tugas, padahal pelajaran lainnya tidak terlalu banyak tugas.
f. Saya selalu mencoba untuk menjadi anak yang aktif dalam diskusi kelas, hal tersebut untuk melatih saya yang sulit berkomunikasi dengan orang lain.
g. Saya akan masuk SMA kemudian melanjutkan kuliah di jurusan teknik informatika.

5. Putri Purnama
a. Kalau menurut saya, kecerdasan yang paling menonjol dalam diri saya adalah mencitrakan dan mengamati pola dua dimensi atau berfikir dalam tiga dimensi.
b. Saya tidak pernah merasa kesulitan berkomunikasi dengan orang lain, karena saya mudah bergaul dengan siapa saja.
c. Saya hanya suka mendengarkan musik, karena dengan menikmati musik pikiran yang stress bisa menjadi tenang atau rileks.
d. Saya kurang menyukai pelajaran menghitung, tetapi pelajaran matematika itu penting karena matematika tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Saya lebih menyukai pelajaran biologi, karena kita bisa mengetahui bagian-bagian tubuh makhluk hidup ataupun struktur tumbuhan.
e. Saya tidak suka pada pelajaran sejarah, karena hampir setiap pelajaran sejarah pasti hanya mengulang materi yang diberikan pada waktu SD dan tambahan materinya hanya sedikit, tidak ada perkembangan.
f. Saya biasanya aktif bila dalam kelompok saya tidak ada yang aktif, karena biasanya saya hanya menambahkan apa yang kelompok diskusikan.
g. Saya akan masuk SMA kemudian akan melanjutkan ke jurusan kedokteran.

6. Astri Hani Shabrina
a. Menurut saya, kecerdasan yang paling menonjol dalam diri saya adalah bakat tentang penalaran analitis bahasa misalnya jurnalistik, editing dan lain-lain.
b. Saya cukup pandai menciptakan suasana yang menyenangkan dalam berkomunikasi dengan orang lain.
c. Saya suka menikmati musik, karena musik bisa menghanyutkan perasaan kita ke dalam lagu yang kita dengarkan dan terbawa situasi.
d. Saya lumayan suka dengan matematika atau fisika, karena kedua pelajaran tersebut masuk dalam ujian nasional dan bila tidak suka akan sulit untuk dipelajari. Pelajaran yang saya sukai adalah bahasa Indonesia karena dengan pelajaran itu kita bisa mengetahui bagaimana cara untuk menulis dengan baik dan benar.
e. Tentu ada pelajaran yang tidak saya sukai yakni geografi karena geografi terlalu banyak yang dihafalkan sehingga malas untuk dipelajari.
f. Saya biasanya aktif dalam diskusi kelas tetapi kalau sedang mood. Jika sedang tidak mood biasanya saya cenderung pendiam.
g. Saya akan melanjutkan ke SMA kemudian mencoba melanjutkan kuliah ke jurusan manajemen karena ingin menjadi wartawan.

7. Gracilia Putri Jauhari
a. Kecerdasan yang paling menonjol dalam diri saya adalah mudah menangkap dan menerangkan konsep-konsep dalam bentuk angka maupun kata-kata.
b. Saya mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain karena saya memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk bergaul dengan siapa saja.
c. Saya suka dengan musik, karena musik bisa menenangkan perasaan kita ketika stress atau sedih.
d. Saya suka sekali terhadap matematika atau pun fisika karena kedua pelajaran tersebut tidak membosankan. Sebab pelajaran yang menggunakan hitungan biasanya hanya mengerjakan latihan-latihan soal, setelah selesai mengerjakan biasanya bisa hafal sendiri konsep-konsepnya.
e. Saya tidak mempunyai pelajaran yang tidak disukai, semua pelajaran harus diterima walaupun hanya sebatas kewajiban untuk dipelajari. Saya hanya tidak menyukai jika terlalu banyak tugas dalam satu hari sehingga terlalu malas untuk dikerjakan semua.
f. Saya selalu aktif di dalam kelas karena hal tersebut melatih mental kita untuk berani berbicara atau mengutarakan pendapat di depan umum.
g. Saya akan melanjutkan ke SMA kemudian akan kuliah di jurusan psikologi.

8. Karin Qinta Dewi
a. Kecerdasan yang paling menonjol dalam diri saya adalah teliti dalam tulis menulis, administrasi dan sebagainya.
b. Menurut teman-teman, saya termasuk anak yang supel sehingga mudah bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain.
c. Saya suka mendengarkan musik, karena musik bisa membawa suasana hati kita menjadi tenang atau bahagia. Selain itu juga bisa menjadi alternatif hiburan yang mudah.
d. Saya agak tidak suka dengan matematika atau fisika karena saya sulit untuk menghafalkan rumus-rumus yang ada. Selain itu, saya juga lambat dalam menangkap konsep melalui rumus.
e. Pelajaran yang tidak disukai pasti ada, saya tidak suka pada pelajaran kesenian karena saya tidak bisa menggambar atau berkarya seni. Saya seperti tidak memiliki bakat di bidang seni. Sedangkan pelajaran yang saya sukai adalah ekonomi karena pelajaran tersebut seimbang antara teori dan hitungan sehingga tidak mudah bosan.
f. Saya berusaha untuk menjadi aktif dalam diskusi kelas, tetapi terkadang saya takut untuk mengutarakan pendapat karena takut disanggah oleh teman dalam diskusi.
g. Mungkin saya akan melanjutkan ke SMA kemudian setelah lulus melanjutkan kuliah di jurusan akutansi.




HASIL PENGAMATAN:

1. Pertumbuhan Fisik

a. Arif Lukito
• Tinggi badan 166 cm
• Berat badan 69 kg
• Tumbuh kumis dan janggut
• Tumbuh rambut di ketiak,dan kaki
• Suara membesar
• Tumbuh jakun
b. Irwan Adi Cahyadi
• Tinggi badan 168 cm
• Berat badan 60 kg
• Tumbuh kumis
• Tumbuh rambut di ketiak
• Bulu kaki hanya tumbuh sedikit
• Suara membesar
• Tumbuh jakun
c. Debby Hermawan
• Tinggi badan 164 cm
• Berat badan 59 kg
• Tumbuh kumis
• Tumbuh rambut di dada, ketiak dan kaki
• Suara membesar
• Tumbuh jakun
d. Bagus Pahlevi
• Tinggi badan 166 cm
• Berat badan 60 kg
• Tidak tumbuh kumis dan janggut
• Tumbuh rambut di ketiak
• Tidak tumbuh rambut di dada
• Tidak tumbuh bulu kaki
• Suara tidak membesar
• Jakun kurang terlihat
e. Putri Purnama
• Tinggi badan 152 cm
• Berat badan 42 kg
• Suara menjadi lebih nyaring dari saat masih SD
• Pertumbuhan sekundernya tidak maksimal
• Mulai tumbuh rambut di bagian-bagian tertentu
• Kulit menjadi lebih halus


f. Astri Hani Shabrina
• Tinggi badan 159 cm
• Berat badan 45 kg
• Suara menjadi lebih tinggi dari saat masih SD
• Pertumbuhan sekundernya cukup maksimal
• Mulai tumbuh rambut di bagian tertentu
• Kulit menjadi lebih halus
g. Gracilia Putri Jauhari
• Tinggi badan 164 cm
• Berat badan 52 kg
• Suara menjadi lebih agak besar dari saat masih SD
• Pertumbuhan sekundernya maksimal
• Mulai tumbuh rambut di sekitar badan
• Kulit menjadi lebih halus
h. Karin Qinta Dewi
• Tinggi badan 155 cm
• Berat badan 49 kg
• Suara menjadi lebih halus dari saat masih SD
• Pertumbuhan sekundernya kurang maksimal
• Hanya tumbuh sedikit rambut di sekitar badan
• Kulit menjadi lebih halus

Dari hasil pengamatan yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa tidak semua remaja laki-laki maupun remaja perempuan mengalami pertumbuhan sekunder dengan maksimal. Pada remaja laki-laki ada yang tidak tumbuh kumis, janggut ataupun bulu kaki serta tidak ada perubahan suara yang signifikan. Pada remaja perempuan ada yang pertumbuhan badannya kurang, ada yang pertumbuhan sekundernya tidak maksimal. Hal ini disebabkan karena tiap-tiap individu menghasilkan kadar hormon yang berbeda-beda. Ada yang berlebihan, ada juga yang kurang. Oleh karena itu pertumbuhan fisik pada usia remaja bermacam-macam variasinya.

2. Pertumbuhan Intelegensi
a. Arif Lukito memiliki kecerdasan di bidang abstrak
b. Irwan Adi Cahyadi memiliki kecerdasan di bidang verbal
c. Debby Hermawan memiliki kecerdasan di bidang mekanik
d. Bagus Pahlevi memiliki kecerdasan di bidang numerikal
e. Putri Purnama memiliki kecerdasan di bidang relasi ruang
f. Astri Hani Shabrina memiliki kecerdasan di bidang bahasa
g. Gracilia Putri Jauhari memiliki kecerdasan di bidang sekolastik
h. Karin Qinta Dewi memiliki kecerdasan di bidang kecepatan ketelitian klerikal

Dari hasil pengamatan yang dilakukan siswa SLTP mulai berkembang kemampuan berpikir secara abstrak yaitu berpikir tentang ide-ide. Selain itu, dari hasil pengamatan siswa SMP mulai menunjukkan kecenderungan bakat-bakat khusus. Ada yang mampu mengoperasikan kaidah kaidah logika formal dalam ide-ide atau pemikiran abstrak

3. Perkembangan Minat
Perkembangan minat belajar secara umum pada usia remaja makin lama semakin berkurang karena semakin banyaknya tuntutan tugas yang harus dikerjakan. Hal ini dapat membuat remaja menjadi jenuh ataupun malas untuk menerima pelajaran. Tetapi sebaliknya bila ada pelajaran atau kegiatan yang disukainya, remaja sangat antusias untuk
mengikuti pelajaran atau kegiatan tersebut. Dari hasil pengamatan dapat disimpulkan, bahwa minat remaja tentang pekerjaan masih belum terlalu konkret. Karena hal ini masih dipengaruhi oleh cita-cita masa kecil, fantasi atau pun dipengaruhi oleh pekerjaan orang tua, kakak, serta hobi.Tetapi ada juga remaja yang sudah bisa berpikir tentang pekerjaan lebih realistik.

4. Perkembangan Afektif
Dari hasil pengamatan, pada masa remaja rasa kepedulian terhadap kepentingan dan kesejahteraan orang lain cukup besar. Tetapi kepedulian ini masih dipengaruhi oleh sifat egois, reaksi dan ekspresi emosinya masih labil dan belum terkendali serta seringkali berubah dengan cepat. Remaja belum bisa membedakan kebahagiaan yang sesaat dengan kebahagiaan yang sebenarnya. Masa remaja biasanya cenderung bergaul dengan banyak teman dan ada ketergantungan yang kuat kepada kelompok sebaya misalnya dengan membentuk geng. Tetapi ada juga saat-saat di mana remaja memiliki keinginan untuk menyendiri dan keinginan bebas dari pengaruh dominasi orang tua.
Pada masa remaja juga telah berkembang nilai moral berkenaan dengan rasa bersalah, bukan saja rasa bersalah karena berbuat buruk tetapi juga rasa bersalah karena tidak berbuat baik. Remaja sudah mengetahui nilai atau prinsip-prinsip yang mendasar tetapi mereka belum mampu untuk merealisasikannya. Perubahan fisik yang terjadi pada remaja dapat menimbulkan gejolak emosional tertentu. Dengan matangnya organ reproduksi akan membutuhkan pemuasan biologis. Apabila hal ini tidak dibarengi dengan bimbingan moral-moral agama seringkali menyebabkan remaja melakukan tindakan menyimpang.

1 komentar:

Raya Eka Risti mengatakan...

terima kasih

Poskan Komentar